Ekonomi Desa Aman Corona

Gotong Royong Jogo Tonggo Lewat 'Boleh Taruh Sedekahmu, Silakan Ambil Sedekah'

Kamis, 28 Mei 2020 - 19:37 | 262.32k
Warga melaksanakan program Jogo Tonggo dengan Sedekah Bahan Makanan yang Digantung di tepi Jalan Desa Pagerdawung, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Kamis (28/5/2020). (foto: Dhani Setiawan/TIMES Indonesia)
Warga melaksanakan program Jogo Tonggo dengan Sedekah Bahan Makanan yang Digantung di tepi Jalan Desa Pagerdawung, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Kamis (28/5/2020). (foto: Dhani Setiawan/TIMES Indonesia)
FOKUS

Desa Aman Corona

TIMESINDONESIA, KENDAL – Dampak Masa Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar masyarakat harus kehilangan atau berkurang pendapatannya. Hal tersebut menggunggah warga Pagerdawung, Kecamatan Ringinarum bergotong royong dengan program sedekah ‘Boleh Taruh Sedekahmu, Silakan Ambil Sedekah'.

Warga yang masih bekecukupan saling membantu tetangga dan warga lainnya. Yakni dengan bersedekah bahan makanan berupa sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainnya.

Caranya unik, lantaran sedekah tersebut tidak diberikan langsung. Melainkan digantung di tempat yang telah disediakan bernama ‘Boleh Taruh Sedekahmu, Silakan Ambil Sedekah ini Secukupnya’. Warga setempat bisa menaruh sedekahnya berupa bahan makanan atau makanan siap saji secara sukarela. Sedangkan warga yang membutuhkan bisa mengambilnya sesuai kebutuhan.

sedekah-b.jpg

Setiap harinya bisa mencapai puluhan bahan makanan dalam wadah kantong plastik tergantung di tempat tersebut. Program tersebut merupakan implementasi dari Jogo Tonggo yang sedang digalakkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Biasanya dalam sehari dua kali warga yang ingin bersedekah, menaruh bahan makanan di tempat yang sudah disiapkan yakni pagi dan sore hari. Pihak desa menyiapkan tempat untuk menaruh bahan makanan ini, sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang membutuhkan .

Dengan slogan boleh taruh sedekahmu dan boleh ambil sedekah ini, diharapkan warga ikut bersama-sama bergotong royong membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Warga sendiri menyambut senang dengan program jogo tonggo, pasalnya mereka yang kesulitan ekonomi di masa pandemi ini tetap mendapatkan bahan makanan.

Nur Faizin misalnya, pekerjaannya sebagai serabutan terpengaruh pandemi Covid-19.

“Dengan adanya program Jogo Tonggo ini kebutuhan sehari-hari keluarga bisa dipenuhi dengan bantuan warga sekitar. Tidak hanya itu dengan program sedekah ini bisa memupuk rasa saling menjaga dan berbagi warga kepada mereka yang membutuhkan,” paparnya.

Kepala Desa Pagerdawung, Wahyu Arianto mengatakan program ini merupakan penjabaran dari imbauan Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Kendal untuk bersama-sama membantu warga yang terdampak pendemi Covid-19. “Melalui tempat sedekah ini warga diharapkan bisa saling membantu warga lain yang kekurangan,“ tururnya.

Ditambahkan, kesadaran masyarakat Pagerdawung sendiri cukup baik terbukti setiap pagi dan sore tempat untuk menaruh sedekah selalu penuh dan warga yang membutuhkan bisa mengambil seperlunya di lokasi Boleh Taruh Sedekahmu, Silakan Ambil Sedekah ditempatkan. “Program Jogo Tonggo ini rencananya akan sediakan di setiap RW, agar masyarakat yang hendak bersedekah tidak perlu jauh datang ke balai desa. Adapun untuk tempat sedekah yang disediakan mampu menampung 30 paket sumbangan yang dapat digantungkan,” jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES