Indonesia Positif

BPJS Kesehatan Jember Beri Hak Akses Data Program JKN-KIS kepada Pemkab Jember

Kamis, 28 Mei 2020 - 15:19 | 53.78k
ILUSTRASI: Pelayanan BPJS Kesehatan. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Pelayanan BPJS Kesehatan. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERBPJS Kesehatan Cabang Jember, Jawa Timur memberikan hak akses data informasi Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) kepada Pemkab Jember.

Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan Program JKN-KIS di Kabupaten Jember.

“Kerja sama stategis dalam pemberian hak akses data dan informasi ini sebagai langkah untuk mengoptimalkan Program JKN-KIS dan program Kesehatan di daerah," kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jember Antokalina Sari Verdiana, Kamis (28/5/2020).

Anto, sapaan akrab Antokalina, menerangkan bahwa data tersebut akan dimanfaatkan untuk mendukung program daerah dalam membuat kebijakan berbasis data (evidence bases). 

Diterangkan olehnya, ada 2 pokok kerja sama yang dilaksanakan yaitu terkait data dasboard JKN dan penyediaan data peserta potensi Covid-19.

Anto juga menjelaskan kerja sama pertama dalam hal pemberian informasi data Program JKN berupa dasboard JKN ini mencakup beberapa kompenen yang bisa diakses oleh pemerintah daerah. 

Mulai dari data cakupan Universal Health Coveray (UHC) kepesertaan, profil peserta JKN, fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerja sama, jumlah kunjungan dan rasio rujukan FKTP, jumlah kasus tertangani di FKTRL/Rumah Sakit, sampai Top 10 Diagnosa Penyakit di FKTP dan FKTRL/Rumah Sakit.  

Selain data dasboard seputar JKN, Pemerintah Kabupaten Jember juga diberikan hak akses data peserta potensi Covid-19.

“Penyediaan data peserta potensi Covid-19 ini sebagai upaya mencegah dan mengurangi fatalitas wabah Covid-19 melalui analisis penilaian risiko Peserta JKN untuk meningkatkan akurasi program promotive preventive agar tepat  dalam menyasar peserta yang memiliki risiko dengan melihat faktor risiko penyakit komorbid. Diharapkan dapat membantu pemerintah daerah untuk melakukan mapping dan tracking untuk meningkatakan ketetatan dalam populasi penyebaran," terang Anto.

Dengan adanya kerja sama strategis berbasis data ini disambut baik oleh pemangku kepentingan daerah dalam hal ini adalah Pemerintah Kabupaten Jember. 

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Jember Rachman Hidayat menyampaikan apresiasi dan harapan ke depan dengan adanya langkah strategis ini.

“Kerja sama ini saya rasa sangat baik, apalagi di situasi pandemi seperti ini. Kecepatan dan keakuratan data serta informasi berbasis data menjadi poin utama yang harus diperhatikan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 ini. Ke depannya, informasi yang diperoleh ini bisa dimanfaat untuk menentukan langkah sigap dalam peningkatan pelayanan kesehatan dan juga perbaikan tingkat kesehatan masyarakat khususnya Kabupaten Jember,” harap Rachman.

Selain itu, Kepala Seksi Pembiayan Kesehatan Dinas Kabupaten Jember Yenny A. R. Tanjung menyampaikan harapan terhadap kerja sama strategis ini.

“Ke depannya dengan kemudahan akses yang diberikan ini, bisa membantu untuk menentukan kebijakan perbaikan dan peningkatan pelayanan kesehatan dan juga dapat dimanfaatkan untuk menanganan kasus Covid-19 yang sedang terjadi saat ini," tutup Yenny.

BPJS Kesehatan Cabang Jember, Jawa Timur memberikan hak akses data informasi Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) kepada Pemkab Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES