Peristiwa Daerah

Roboh Diterjang Banjir, Rumah Warga Blimbing Lamongan Dibangun Secara Gotong Royong

Kamis, 28 Mei 2020 - 18:41 | 29.04k
Rumah milik Sumantri, warga Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan yang sempat roboh diterjang banjir, mulai dibangun kembali, Kamis (28/5/2020). (FOTO: Forkopimcam Paciran for TIMES Indonesia)
Rumah milik Sumantri, warga Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan yang sempat roboh diterjang banjir, mulai dibangun kembali, Kamis (28/5/2020). (FOTO: Forkopimcam Paciran for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Rumah milik Sumantri (47), warga Dusun Sidokumpul Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan kini dibangun kembali secara gotong royong, setelah roboh diterjang banjir pada Selasa (26/5/2020) lalu.

Pembangunan rumah berukuran 4x6 meter tersebut terlaksana berkat inisiatif dan reaksi cepat dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Paciran beresta warga setempat.

"Masyarakat yang punya kepedulian turut bergotong royong membantu. ada yang bantu semen, batu bata, pasir, asbes dan kusen. Alhamdulillah," kata Camat Paciran, Yuli Wahyuono, yang hadir saat pembangunan rumah Sumantri dimulai, bersama Kapolsek, AKP Supardi dan Danramil Paciran, Kapten Hari, Kamis (28/5/2020).

Yuli menjelaskan, Sumantri tergolong keluarga miskin dengan 4 orang anak yang masih usia sekolah, sehingga sangat membutuhkan uluran tangan untuk membangun kembali rumahnya yang roboh diterjang banjir.

"Korban tidak punya tempat tinggal lagi untuk bisa ditempati bersama seluruh anggota keluarganya. Untuk itu Forkopimcam bersama masyarakat yang perduli berinisiatif membangun kembali rumah korban. Ini kewajiban kita," kata Yuli.

Selain rumah milik Sumantri, kata Yuli, sebenarnya masih ada 3 rumah lain yang rusak akibat banjir. Namun hanya rumah Sumantri yang mengalami kerusakan terparah, bahkan sampai roboh. Sementara kerusakan di tiga rumah lainnya masih bisa diperbaiki oleh pemiliknya.

"Pembangunan rumah milik bapak Sumantri ini ditargetkan selesai dalam waktu satu minggu," ucap Yuli.

Yuli juga mengaku bangga dengan semangat warga Kelurahan Blimbing yang begitu cepat bisa membersihkan kotoran sisa banjir, baik di rumah masing- masing, maupun di jalan, masjid serta lembaga pendidikan, sehingga aktivitas masyarakat sudah kembali normal.

Kini, kata Yuli, pihaknya bersama dinas terkait akan melakukan kajian untu mencari solusi terkait bencana banjir yang memang kerap terjadi di wilayah Kelurahan Blimbing.

"Kita carikan jalan keluarnya, mungkin normalisasi sungai yang ada atau ada cara lain," ucap Yuli.

Sementara itu, Sumantri mengaku sangat bersyukur dan mengutarakan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Kelurahan Blimbing dan Forkopimcam Paciran, yang telah gotong royong membantu membangun kembali rumahnya yang roboh usai diterjang banjir. "Alhamdulillah, terima kasih semuanya, termasuk warga yang turut membantu, para pengusaha rukun nelayan Blimbing, HNTI (Himpunan Nelayan Tradisional Indonesia) Lamongan yang juga ikut membantu," ucap Sumantri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES