Peristiwa Nasional

Desa Waruduwur Desa Pertama di Cirebon yang Pasang Stiker untuk Penerima Bansos

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:09 | 126.93k
Pemasangan stiker Penerima Bantuan Bansos di Desa Waruduwur Kabupaten Cirebon. (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)
Pemasangan stiker Penerima Bantuan Bansos di Desa Waruduwur Kabupaten Cirebon. (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Terdapat hal yang unik dilakukan oleh Kepala Desa Waruduwur, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang melakukan pemasangan stiker bagi setiap rumah penerima bansos selama pandemi covid-19.

Dalam stiker tersebut, pemerintah Desa Waruduwur menuliskan "Kami Termasuk Kategori Keluarga Miskin Yang Berhak Menerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Desa".

Yadi, Kepala Desa Waruduwur, menuturkan, pemasangan stiker ini bermaksud memberikan tanda bagi rumah penerima bantuan. Ini karena dari data sebagian bantuan masih terdapat masyarakat yang terhitung mampu menerima bantuan dari pemerintah ditengah pandemi covid-19.

"Ide awal pemasangan sticker ini karena masih ada saja masyarakat yang terhitung mampu menerima bantuan," paparnya, Kamis (28/5/2020).

Namun pemasangan stiker saat ini terhenti setelah 3 RT sudah dilakukan pemasangan stiker oleh pihaknya. Alasan dihentikannya pemasangan stiker karena terdapat pemahaman yang berbeda antara dirinya dengan petugas Program Keluarga Harapan (PKH).

"Pemasangan sticker ini sekarang berhenti dulu karena petugas PKH tidak memperbolehkan memasukan kalimat keluarga miskin hanya diperbolehkan untuk kata pra sejahtera," kata Yadi kepada TIMES Indonesia.

Akan tetapi dirinya lebih setuju untuk menggunakan kalimat keluarga miskin agar lebih menggigit bilamana terdapat penerima yang tidak berhak maka secara langsung akan mendapatkan sanksi sosial.

"Kalau saya sih inginnya pake kalimat keluarga miskin bukan pra sejahtera, tapi ada komplain dari petugas PKH dan sekarang berhenti dulu pemasangan stikernya sebelum ada win win solution," bebernya.

Meskipun demikian, dirinya tetap akan menjalankan pemasangan stiker tersebut dimaksudkan agar penerima bansos di Kabupaten Cirebon yang tidak berhak bisa menyadari jika masih ada masyarakat yang membutuhkan dari bantuan itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES