Peristiwa Nasional

Pipa Transmisi PAM Dempo Tengah Rusak Diterjang Longsor

Kamis, 28 Mei 2020 - 15:32 | 35.96k
Pihak Dinas PUPR bersama Balai Besar SDA cek kerusakan pipa transmisi akibat longsor dan bandang di aliran Lematang. (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Pihak Dinas PUPR bersama Balai Besar SDA cek kerusakan pipa transmisi akibat longsor dan bandang di aliran Lematang. (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAMPipa saluran transmisi IPA Dempo Tengah, Pagaralam, Sumatra Selatan kembali rusak diterjang longsor dan banjir bandang.  Sebelumnya, pipa untuk menyalurkan air baku dari bendungan intake ke bak pengolahan pada 15 Mei lalu juga diterjang longsor. 

 Kali ini bencananya lebih parah dari tahun lalu, longsor menyapu saluran pipa transmisi di aliran Sungai Lematang. “Untuk sementara, diperkirakan sekitar 1.000 meter lebih pipa transmisi yang menyalurkan air baku dari bendungan intake rusak,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagaralam, A Parliansyah ST MM melalui Kepala UPTD PAM Kota Pagaralam, Haryanto, Kamis (26/5/2020).

Tambahnya, banyak pipa yang hilang usai kejadian bencana longsor tersebut. “Setidaknya diperkirakan 300 meter pipa transmisi harus diganti dengan yang baru,” katanya seraya mengatakan padahal belum lama ini saluran pipa transmisi IPA Dempo Tengah ini sudah dilakukan perbaikan karena tertimpa longsor, malamnya bencana longsor kembali terjadi dan lebih parah.

Mengenai detail lokasi kerusakannya, terjadi di tiga lokasi. Setelah dilakukan pengecekan ke lapangan, kerusakan saluran pipa transmisi ini tidak jauh berjarak sekitar 1 km dari bendungan intake. Dan pihak balai pun sudah melakukan pengecekan detail lokasi dengan menggunakan drone, lantaran lokasi kerusakan berupa medan jurang dan tebing terjal.

“Tidak hanya saluran pipa yang rusak parah melainkan juga bangunan bendungan intake juga jebol termasuk pintu airnya. Sudah dilaporkan ke pihak Kementerian melalui Balai Besar SDA. Juga sudah dilakukan pengecekan dari pihak Balai Besar bersama pihak dinas,” katanya.

Pihak Balai Besar mengupayakan untuk perbaikan dengan bantuan pipa yang diusulkan. “Yang jelas juga diupayakan melalui APBD Kota Pagaralam. Ya itu tadi, paling tidak melalui anggaran perubahan,” katanya.   

Pelanggan Bersabar Selama Perbaikan

Terkait untuk pelayanan air bersih kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Dempo Tengah, Haryanto menyampaikan untuk sementara ini IPA Dempo Tengah belum beroperasi, sehubungan dengan adanya bencana yang merusak saluran pipa transmisi.

Sebelumnya, dia mengatakan sekitar 700 pelanggan PAM di wilayah Kecamatan Dempo Tengah yang dilayani IPA Dempo Tengah. Sehubungan dengan adanya bencana ini, Haryanto menyampaikan kepada masyarakat khususnya pelanggan PAM, untuk bersabar. Karena kerusakan ini di luar teknis, dan saat ini tengah diupayakan perbaikan sesegera mungkin. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES