Peristiwa Nasional

149 KK Desa Kaotan Banyuwangi Terima BLT Dana Desa Tahap Kedua

Kamis, 28 Mei 2020 - 15:04 | 58.50k
Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Kaotan, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Kaotan, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Raut suka cita terpancar dari wajah 149 Kepala Keluarga (KK) di Desa Kaotan, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. Karena pemerintah desa setempat baru saja menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT Dana Desa) tahap kedua.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah bisa menyalurkan BLT Dana Desa tahap kedua, semoga bisa meringankan beban masyarakat penerima,” ucap Kepala Desa (Kades) Kaotan, Moh Nur Hairi, Kamis (28/5/2020).

Disebutkan, penyaluran BLT Dana Desa tahap kedua ini adalah angin segar bagi masyarakat. Terlebih warga terdampak Covid-19 penerima bantuan. Mengingat letak geografis Desa Kaotan, yang berada diwilayah pertumbuhan sektor usaha. Yang mana kini semua ikut terpuruk imbas penerapan Social dan Physical Distancing.

“Pendapatan masyarakat kami ada yang berkurang, bahkan ada yang hilang, lantaran mereka di PHK oleh perusahaan tempat bekerja,” ungkap kades yang akrab disapa Oblongs ini.

Selama pandemi Covid-19, sedikitnya 488 KK warga Desa Kaotan, telah mendapat bantuan. Meliputi BLT Dana Desa sebanyak 149 KK, BLT Kemensos disalurkan kepada 39 KK dan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, berjumlah 100 KK.

Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan kepada 175 KK. Selain itu, 25 ibu hamil dan menyusui jika tak luput dari program bantuan.

“Semoga wabah virus Corona ini lekas berlalu, sehingga perekonomian masyarakat bisa kembali pulih seperti sedia kala,” ungkap Kades Nur Hairi.

Untuk diketahui, oleh Pemerintah Desa Kaotan, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, penyaluran BLT Dana Desa tahap kedua ini juga dijadikan ajang halal bihalal. Sekaligus wadah meningkatkan sinergitas, kekompakan dan gotong royong antara masyarakat, perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES