Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Relawan Covid 19 di Sidoarjo Diberikan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Gratis

Kamis, 28 Mei 2020 - 14:48 | 39.77k
Plt Bupati Sidoarjo saat menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada relawan Covid 19 (FOTO: kominfo sidoarjo)
Plt Bupati Sidoarjo saat menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada relawan Covid 19 (FOTO: kominfo sidoarjo)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Muhyidin SE, MM memberikan kartu jaminan perlindungan kecelakaan kerja dan jaminan kematian gratis kepada relawan Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Penyerahan bantuan ini diserahkan di Posko Informasi Covid-19 Kabupaten Sidoarjo.

Muhyidin menjelaskan, jika perlindungan tersebut meliputi segala kecelakaan yang berhubungan dengan kegiatan relawan Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Contohnya, ketika terjadi kecelakaan saat berangkat bekerja (menjadi relawan), maka hal tersebut akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan selama 3 bulan secara gratis.

Pada tahap awal dari program ini dilakukan di tingkat pusat, dimana sudah diserahkan sebanyak 8000 kartu kepada relawan covid 19 secara nasional.

Nur-Ahmad-Syaifuddin-2.jpg

"Dengan adanya program dari pusat ini, kemudian kami menyisir lagi ke daerah dan ternyata di Kabupaten Sidoarjo banyak ditemukan relawan yang belum punya perlindungan sama sekali bila terjadi risiko kecelakaan. Di samping itu mereka juga berisiko terjangkit atau terjadi penularan, bahkan sampai meninggal dunia," ujarnya.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan kemudian berusaha berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo dengan meminta data para relawan yang selanjutnya diproses.

"Hingga pada hari ini kami diserahkan secara simbolis, dan ini masih tahap awal dan selanjutnya terus kamu gali data-data relawan agar tujuan kami memberikan perlindungan kepada seluruh relawan dapat terwujud," papar Muhyidin

Sementara Plt Bupati Sidoarjo, H Nur Ahmad Syaifuddin, SH sangat berterima kasih atas peran serta BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Sidoarjo dengan memberikan Kartu Jaminan Kesehatan bagi 30 orang petugas relawan covid-19 di Sidoarjo.

Menurut Plt Bupati yang akrab disapa Cak Nur, ini merupakan sumbangsih yang luar biasa karena merupakan kerjasama dan kolaborasi yang bagus yang bisa dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo dan hal ini bisa memberikan semangat yang lebih baik lagi untuk para relawan covid-19.

"Karena relawanlah yang rentan terhadap kecelakaan dan rentan terhadap permasalahan karena mereka berhubungan langsung dengan masyarakat terdampak, sehingga mereka harus dilindungi dengan memberikan jaminan kecelakaan, sakit dan juga kematian," ujarnya.

Kegiatan ini sendiri merupakan imbauan dari pusat sampai ke bawah yaitu ke daerah, di mana BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan dan jaminan kematian selama 3 bulan ke depan.

Dengan ini, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menjamin bantuan kesehatan pada relawan Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo, seperti jika terjadi kecelakaan, BPJS Ketenagakerjaan akan meng-cover sampai sembuh, dan apabila terjadi peristiwa yang menyebabkan meninggal dunia akan diberikan santunan sebesar Rp 42 juta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Sidoarjo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES