Peristiwa Nasional

Sambut New Normal, TNI-Polri Siap Diterjunkan Jaga Kedisiplinan Warga Majalengka

Kamis, 28 Mei 2020 - 14:18 | 31.72k
kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Bupati Majalengka, H Karna Sobahi dan Danramil Majalengka, saat menggelar rapat koordinasi menuju new normal. FOTO: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia.
kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Bupati Majalengka, H Karna Sobahi dan Danramil Majalengka, saat menggelar rapat koordinasi menuju new normal. FOTO: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kekuatan aparat gabungan TNI, Polri dan instansi terkait dari Pemkab Majalengka akan dikerahkan untuk mengamankan pendisiplinan protokol kesehatan di sejumlah titik sarana publik yang berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Hal tersebut bertujuan untuk menegakkan disiplin dan protokol kesehatan masyarakat menuju pelaksanaan aktivitas pola hidup normal baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso menegaskan pihaknya sudah siap jika new normal diterapkan di Majalengka.

"Dan kami akan bekerjasama dengan TNI dan Pemda Majalengka serta berkoordinasi dengan pihak pengelola. Diantaranya, untuk menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan masker," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (28/5/2020).

Menurut Kapolres, yang harus diperhatikan adalah penyiapan SOP. Terutama untuk sektor industri, perdagangan, ritel, mall dan pariwisata serta lainnya. "Kita juga akan melakukan edukasi dan sosilaiasi secara humanis kepada masyarakat terkait normal baru di tengah pandemi Covid-19 tersebut," katanya.

Selain itu, dikatakan AKBP Bismo, bahwa untuk pengamanan dan penindakan pada saat pelaksanaan new normal tersebut, pihaknya akan mengerahkan para bhabinkantibmas. Hal itu, bermaksud guna sosialisasi terkait masyarakat produktif dan aman dari virus Covid-19.

Sedangkan, untuk kegiatan Operasi Ketupat Lodaya 2020, ia menegaskan saat ini diperpanjang hingga 30 Juni 2020 mendatang. Sedangkan, Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) juga akan terus di intensifkan selama penanganan Covid-19 ini.

"Untuk kegiatan pengamanan new normal, kita akan menempatkan personel Polri, TNI, Pemda dan stakeholder terkait dalam rangka antisipasi pergerakan orang dari zona merah, sehingga diharapkan bisa memutus mata rantai Covid-19," harapnya.

Kapolres juga menjelaskan bahwa Polres Majalengka sudah melaksanakan rapat koordinasi new normal di Aula Sindangkasih, Polres Majalengka, Rabu (27/5/2020) malam. Rapat tersebut juga dihadiri Bupati Majalengka, H Karna Sobahi dan beberapa unsur Porkofimda, para PJU polres, tokoh agama, tokoh masyarakar serta para pejabat lain.

"Rapat koordinasi tersebut, menindak lanjuti Video Converence (Vidcon) dari Mabes Polri dan Polda Jabar, tentang proses pendisiplinan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan di sejumlah sarana publik menuju kehidupan normal baru atau new normal," ucapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan, Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah, bahwa dirinya meminta dukungan semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat untuk dapat bekerja sama demi keberhasilan pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan, jika new normal dilaksanakan di Kabupaten Majalengka.

"Diharapkan dengan penerapan protokol kesehatan tersebut dapat dilaksanakan sesuai rencana agar masyarakat dapat beraktivitas namun tetap aman dari Covid-19," harapnya.

Sementara itu, Bupati Majalengka, H Karna Sobahi menjelaskan, bahwa new normal merupakan kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan.

Selain itu, juga sebagai upaya menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya dengan proses pendisiplinan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan di sejumlah sarana publik menuju kehidupan normal baru atau new normal.

"Pelaksanaannya (new normal di Kabupaten Majalengka) akan diawasi dengan ketat oleh aparat keamanan dari TNI dan Polri," ucap Bupati Majalengka, H Karna Sobahi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES