Peristiwa Nasional

Kota Madiun Siapkan Tiga Kelurahan Menjadi Kampung Tangguh

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:32 | 22.04k
Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Arya Prakasa bersama Wali Kota Madiun H. Maidi menghadiri rakor kampung tangguh. (FOTO: Gerry Setiawan/TIMESIndonesia)
Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Arya Prakasa bersama Wali Kota Madiun H. Maidi menghadiri rakor kampung tangguh. (FOTO: Gerry Setiawan/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Tiga kelurahan di Kota Madiun ditetapkan sebagai Kampung tangguh. Yakni, Kelurahan Tawangrejo (Kecamatan Kartoharjo), Kelurahan nambangan lor (Kecamatan Manguharjo) dan Kelurahan Taman (Kecamatan Taman).

Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Arya Prakasa mengatakan, dalam kampung tangguh disiapkan banyak pemenuhan kebutuhan masyarakat dan mekanismenya.

Misalnya, pemenuhan kebutuhan pangan, mekanisme distribusi pangan saat pandemi Covid-19, penanganan warga yang sakit, pemakaman, penanganan jika ada kejahatan di kampung tangguh, penanganan jika ada warga yang memaksa keluar atau pulang ke rumah dan bagaimana mekanisme penerimaan paket dari luar.

Maidi-18.jpg

Kampung Tangguh merupakan pengamanan masyarakat yang berbasis kepada masyarakat kampung tersebut, dalam hal ini pengamanan yang dimaksud adalah dalam menghadapi Covid-19. Dan Kapolresta menjelaskan mengapa dipilih wilayah itu menjadi kampung tangguh.

"Diambil satu kelurahan di tiap kecamatan. Akan dilakukan evaluasi dan perbaikan sehingga jika ada penambahan kampung tangguh, mekanisme prosedur sudah fixed. Jumlah personel masing-masing kampung tangguh bervariasi, ada kemungkinan penambahan jika ada relawan," jelas  Kapolresta.

rakor-kampung-tangguh.jpg

Wali Kota Madiun H Maidi mengimbau kepada seluruh OPD terkait untuk membantu memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kampung tangguh. Selain itu Maidi berharap agar tiga pilar menjadi pembina yang baik untuk kampung tangguh.

"Kampung tangguh merupakan pengamanan masyarakat berbasis masyarakat di kampung tersebut, dalam hal ini pengamanan dalam menghadapi dan pencegahan Covid-19," papar orang nomor satu di Kota Madiun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES