Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Pekerja Pabrik Rokok, Warga Kota Madiun Keempat yang Positif Covid-19

Rabu, 27 Mei 2020 - 19:00 | 50.02k
Wali Kota Madiun H. Maidi. (Foto: dok/TI)
Wali Kota Madiun H. Maidi. (Foto: dok/TI)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, MADIUN – Satu lagi warga Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19. Warga Kelurahan Patihan, Kecamatan Manguharjo tersebut berjenis kelamin perempuan berusia 37 tahun.

Juru bicara tim gugus tugas Covid-19 Kota Madiun, Noor Aflah mengungkapkan, warga tersebut  tidak ada riwayat perjalanan dari luar daerah. Aktivitas yang dilakukan setiap hari adalah bekerja di pabrik rokok.

Covid-Madiun.jpg

"Ini dari klaster Sampoerna Madiun. Tidak ada riwayat perjalanan dari mana pun. Hanya diketahui sehari-hari bekerja di pabrik rokok Sampoerna," ujar Aflah, Rabu (27/5/2020).

Aflah mengungkapkan, pada 23 Mei 2020  perempuan tersebut mengeluh sakit. Kemudian masuk rumah sakit pada 25 Mei 2020. Pasien menjalani tes swab pada 26 Mei 2020 dan hasilnya positif Covid-19. Hasil tracing diketahui ada lima orang yang kontak erat dengan yang bersangkutan dan sudah dilakukan rapid test.

"Rapid test dilakukan oleh Puskemas Patihan dan hasilnya non reaktif," jelas Aflah.

Lima orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari meskipun hasil rapid test non reaktif. Isolasi akan dipantau oleh  kader kesehatan setempat.

Covid-Madiun-2.jpg

Dengan tambahan tersebut, maka total ada 4 warga Kota Madiun yang terkonfirmasi positif Covid-19.  Dari jumlah tersebut 2 orang di antaranya sudah sembuh dan pulang dari rumah sakit. Yakni pasien pertama dari Kelurahan Pandean dan pasien kedua dari Kelurahan Mojorejo.

"Sudah dua yang sembuh. Tinggal 1 Mudah-mudahan hasil tesnya negatif dan ada tambahan satu lagi baru.  Mudah-mudahan tenaga medis yang sudah bekerja keras bisa mengantarkan yang positif jadi negatif," ujar Maidi.

Wali Kota Madiun H. Maidi berharap  warganya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19. Seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan menghindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES