Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Warga di Kota Malang Antusias Sambut New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 - 17:57 | 33.97k
Warga di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melakukan aktivitas senam pagi. (Foto: Humas Pemkot Malang)
Warga di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melakukan aktivitas senam pagi. (Foto: Humas Pemkot Malang)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, MALANG – Warga Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur tampak antusias menyambut fase new normal atau tatanan hidup baru. Dua spirit yang diusung yakni empati dan simpati sebagai penguat new normal.

Camat Kedungkandang, Doni Sandito, mengatakan bahwa hal yang langsung direspon dari arahan Wali Kota Malang Sutiaji berkaitan dengan adaptasi dengan covid-19 adalah membangun nilai-nilai sosial yang akomodatif dan perilaku sehat di masyarakat.

"Bertepatan wilayah Kecamatan Kedungkandang menjadi salah satu wilayah yang memiliki angka kasus tinggi di Kota Malang. Maka langkah yang kami bangun di antaranya adalah membangun nilai-nilai empati dan simpati. Artinya bila pada satu lingkungan ada keluarga yang terdampak covid, maka warga di lingkungan tersebut dengan penuh semangat gotong royong justru memberikan bantuan serta memberikan kemudahan pasokan akan kebutuhan sehari harinya," katanya, Rabu (27/5/2020).

Kampung-Tangguh-Malang-a.jpg

"Beriringan hal tersebut, secara mandiri lingkungan tersebut dengan dipandu petugas melakukan prosedur protokol covid dalam kehidupan sosialnya. Juga yang tak kalah pentingnya, melakukan gaya hidup secara sehat," lanjut Doni.

Sebagai contoh, warga di lingkungan RT 03 RW 06 Kelurahan Kedungkandang tampak antusias menggelar senam pagi dan berjemur di lorong-lorong gang sempit.

"Kata Pak Camat, dengan senam dan berjemur, daya tahan tubuh kita jadi makin baik. Apalagi Pak Wali katanya akan menormalkan aktivitas, jadi yang bisa kami dukung dari masyarakat ya antara lain ini (senam) selain kontrol lingkungan," ujar Ketua RW 06 Kedungkandang, M Sodik, yang diamini Ketua RT 03 Yuli isdarmianto.

Terpisah Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan keberhasilan dari fase New Normal yang akan menandai era baru beradaptasi dengan covid 19 adalah kedisiplinan dan kesiapan masyarakat.

"Disiplin dalam menjalankan semua protokol covid-19 serta juga siap dalam menyikapi setiap kasus covid di lingkungannya. Tidak boleh ada sikap penolakan, tidak baik juga memproduksi informasi yang membuat resah dan panik warga serta ayuk kita bangun sikap empati dan simpati kepada saudara kita yang bertepatan terinfeksi virus corona. Tidak untuk dijauhkan, apalagi diasingkan. Isolasi mandiri di rumah pun sudah dipertimbangkan secara matang oleh tim dokter dan rumah sakit. Jadi ayuk menyambut spirit baru dari new normal, kita lekatkan pada optimisme bahwa setiap penyakit pasti akan ada obatnya," tegas orang nomor satu di Kota Malang itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES