Peristiwa Daerah

Banjir Surut, Warga Blimbing Lamongan Mulai Bersih-bersih Lumpur

Rabu, 27 Mei 2020 - 16:50 | 29.94k
Warga Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan membersihkan masjid dari endapan lumpur sisa banjir, Rabu (27/5/2020). (FOTO: warga Kelurahan Blimbing for TIMES Indonesia)
Warga Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan membersihkan masjid dari endapan lumpur sisa banjir, Rabu (27/5/2020). (FOTO: warga Kelurahan Blimbing for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Warga kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, kini mulai bersih-bersih rumah dan fasilitas umum, setelah banjir yang melanda wilayah tersebut mulai surut.

Banijir yang melanda wilayah Kelurahan Blimbing sejak Selasa (26/5/2020) dini hari, memang menyisakan endapan lumpur di rumah-rumah warga di lingkungan Bongris, Kebonsari, Niaga 1-3, Semangu, Taruna, Kauman, Grenjeng serta Gowah.

Selain membersihkan rumah masih-masing, warga juga bergotong royong untuk membersihkan sejumlah musala, masjid dan lembaga pendidikan.

"Ada ratusan rumah, sejumlah tempat ibadah dan gedung sekolah turut tenggelam dan dibersihkan, " kata Dewan Pembina Himpunan Nelayan Tradisional Indonesia (HNTI) Cabang Lamongan, Muchlisin Amar, Rabu (27/5/2020).

Meski endapan lumpur hampir merata di seluruh sudut ruangan, namun warga tidak mengalami kesulitan untuk membersihkan rumahnya, lantaran sumber air sumur masih sangat lancar.

"Pakai air sumur, sekalian menguras sumur yang tercemar kotoran air bah," kata Sukahar, warga Blimbing.

Bahkan tidak hanya lantai rumah, lumpur juga mengendap di sebagian perabotan yang turut terendam banjir. "Ada lemari, dan perabot dapur yang turut tenggelam, jadi harus dibersihkan juga," ucapnya.

Sementara untuk lumpur yang menutupi jalan dan fasilitas umum lainnya, akan dibersihkan secara gotong royong oleh masyarakat yang berada di lingkungan masing-masing.

"Ada juga gedung SDN Blimbing 2. Banyak buku yang kebanjiran dan harus diselamatkan dengan cara dijemur, " kata Muhammad warga lingkungan Kauman.

Sementara para pedagang di Pasar Blimbing juga mulai membersihkan kios mereka, agar bisa segera berjualan kembali.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan dilanda  akibat hujan deras dan luapan Sungai Asinan, ditambah dengan pasangnya air laut. Banjir tersebut membuat 4 rumah warga rusak dan ratusan rumah serta sejumlah fasilitas umum seeperti masjid dan sekolah terendam banjir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES