Kopi TIMES

Ramadhan, Idul Fitri dan Filsafat

Selasa, 26 Mei 2020 - 18:05 | 13.12k
Ramadhan, Idul Fitri dan Filsafat
Ahmad Fauzy, mahasiswa STF Al Farabi, Kepanjen, Malang.
Editor: Yatimul Ainun

TIMESINDONESIA, MALANG – Ayyuhal Muslimun Rahimakumullah.... _Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin, segala puji hanyalah milik Allah SWT, Tuhan yang telah menganugerahkan kita kewarasan intelektual dan kesehatan spiritual, serta anugerah yang tidak kalah penting adalah Tuhan senantiasa menjaga kita dalam tradisi yang bernuansakan Ahlussunah wal Jama'ah An-Nahdiyah. Oleh karena itu mudah-mudahan kita semua akan tetap dan senantiasa menjadi umat yang terus memperjuangkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyan. Amiin...

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabiyullah, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapatkan syafa'atnya di yaumul qiyamah nanti, amiiin...

Hadirin wal hadirat yang dimuliakan Allah...

Sejak semalam hingga pagi hari ini kita telah diperdengarkan dengan suara takbir, tahlil dan tahmid yang dikumandangkan oleh seluruh umat muslim sedunia dengan tujuan yang tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengagungkan, mengesakan dan memujiNya di hari kemenangan ini.

الله أكبر ٣x لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد

Pada kesempatan kali ini izinkan kami untuk menyampaikan beberapa pesan yang perlu kita ketahui bersama tentang Ramadhan dan Idul Fitri, sebab dengan mengetahui pesan tersebut kita bisa berpikir dan merenung kembali tentang beberapa aktifitas dan kejadian yang telah kita lakukan di hari-hari sebelumnya, agar di masa yang akan datang hidup yang kita jalani bisa lebih cemerlang. Hal ini perlu kita lakukan, sebab jika tidak maka Allah akan mengecam kita, sebagaimana firmanNya;

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

"Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu bagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai (QS Al-A'raf: 179)"

Pesan pertama yang ingin kami sampaikan adalah tentang spirit yang bisa kita petik dari bulan Ramadhan. Banyak di antara kita yang memaknai Ramadhan sebagai bulan pengekangan, baik pengekangan hawa nafsu dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa atau pengekangan fisik dengan kondisi tubuh yang lemah tak berdaya. Untuk itu ketika hari raya tiba, kita cenderung melakukan aktifitas yang bahkan membabi buta, makan sepuasnya tanpa memperdulikan tetangga, berfoya-foya tanpa rasa simpati kepada rakyat jelata. Sungguh ini adalah realisasi puasa yang sama sekali jauh dari kata "manusia".

Kehadiran Ramadhan memberikan isyarat agar manusia berlatih untuk mengendalikan hawa nafsunya untuk kemudian direalisasikan di bulan-bulan berikutnya. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Ramadhan yang sesungguhnya adalah sebelas bulan yang akan kita hadapi, mulai hari ini hingga nanti.

Hadirin, jama'ah solat Idul Fitri yang dirahmati Allah...

Selain itu, penjelasan tersebut juga senada dan seirama dengan pembagian jiwa manusia yang disampaikan oleh Plato. Pada karya monumentalnya, yakni Politeia, ia menjelaskan bahwa jiwa manusia terbagi dalam tiga tingkatan; Rasio (Logistikon), Afeksi (thumos), dan Nafsu (Epithumia). Nafsu mendorong manusia pada agresifitas yang cenderung destruktif. Afeksi bertugas membangkitkan kebaikan, sedangkan rasio bertugas untuk mengatur dan menyeimbangkan keduanya. Apabila ketiga tingkatan jiwa tersebut dapat diatasi, bertugas serasi dan saling mengisi, maka manusia akan sampai pada puncak kebahagiaan (Eudaimonia).

Di samping itu Socrates juga pernah berpesan bahwa "manusia yang bermoral adalah manusia yang senantiasa merenungi, menguji dan memperbaiki kehidupannya, jika tidak, maka kehidupannya tidak layak untuk disinggahi". Untuk itu hawa nafsu adalah objek yang wajib kita perangi, sebab ia adalah sebab yang kerap kali merintang-halangi kita untuk sampai pada kebahagiaan yang hakiki.

الله أكبر ٣x ولله الحمد...
Hadirin wal Hadirot yang dicinta-kasihi oleh Allah...

Adapun pesan kedua yang ingin kami sampaikan adalah tentang pesan Rasulullah SAW kepada kita semua di dalam sabdanya;

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ اَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّلٍ، كَانَ كَاالصِّيَامِ الدّْهْرِ
"Barang siapa yang berpuasa penuh di bulan Ramadhan, lalu menyambungnya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun"

Dengan pesan ini kami berharap semoga kita semua bisa merealisasikannya, amiin...

الله أكبر ٣x ولله الحمد

Selanjutnya, pesan ketiga yang ingin kami utarakan adalah tentang spirit dari Idul Fitri.  
Setidaknya kita bisa mendapatkan dua hal penting dari hari raya tersebut; pertama, kita bisa merasakan kembali kenikmatan dari berbagai hidangan, sebagaimana kenikmatan yang kita rasakan ketika berbuka puasa. Hal ini juga sesuai dengan makna عيد الفطر yang berarti "kembali berbuka". Kedua, kita bisa merasakan betapa hina-dinanya seorang manusia di hadapan Allah, sebab ia kehilangan daya dan upayanya hanya karena sesuap nasi yang tidak terpenuhi. Oleh karenanya hal ini akan menjadi salah satu perwujudan nyata dari kalimat; "لا حول ولا قوة إلا بالله".  Setelah merenungi dua spirit tersebut, kita akan diantarkan kepada konsekuensi penting, yaitu meningkatnya rasa Syukur dan Taqwa kepadaNya.

Hadirin Rahimakumullah...

Selain penjelasan tersebut, kita juga bisa menggunakan konsep etika Aristoteles dalam menyelami spirit Idul Fitri. 
Di dalam buku Nicomachean Ethics, ia berpendapat bahwa manusia memiliki tiga pemicu dalam segala tindak-tanduk kehidupannya, yaitu demi kehormatan, demi kesejahteraan dan demi kenikmatan.

Dalam perayaan Idul Fitri, kita bisa mendapatkan ketiga pemicu tersebut, yakni disunnahkan untuk mengenakan pakaian baru serta dianjurkan untuk saling bermaaf-maafan untuk menjaga kehormatan, membayar zakat demi meraih kesejahteraan dan menyediakan banyak hidangan untuk keluarga, tetangga dan teman lama demi merasakan kenikmatan.

Demikianlah Khutbah Idul Fitri pada pagi hari ini, semoga kita semua mendapatkan manfaatnya, amiin yaa rabbal 'alamin...

***

*) Penulis, Ahmad Fauzy, mahasiswa STF Al Farabi, Kepanjen, Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Rochmat Shobirin
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Hilangkan Jerawat Membandel Pakai Kulit Semangka
    Hilangkan Jerawat Membandel Pakai Kulit Semangka
    14/07/2020 - 02:22
  • Take a Glance at The Beautiful Ambience of Majalengka at Night
    Take a Glance at The Beautiful Ambience of Majalengka at Night
    14/07/2020 - 01:06
  • Sanksi Dicabut, Manchester City Bisa Bermain di Liga Champion Eropa
    Sanksi Dicabut, Manchester City Bisa Bermain di Liga Champion Eropa
    14/07/2020 - 00:06
  • Demi Kepercayaan Publik, Kemenparekraf: Pengusaha Hotel Harus Terapkan Protokol Kesehatan
    Demi Kepercayaan Publik, Kemenparekraf: Pengusaha Hotel Harus Terapkan Protokol Kesehatan
    13/07/2020 - 23:55
  • Surat Kesiapan Baru Masuk, Pemkot Bandung Percepat Aktivasi Ojol Angkut Penumpang
    Surat Kesiapan Baru Masuk, Pemkot Bandung Percepat Aktivasi Ojol Angkut Penumpang
    13/07/2020 - 23:48
  • Cerita Ria Sonia, Bocah Penderita Bocor Ginjal di Majalengka Datangi Polsek Minta Bantuan
    Cerita Ria Sonia, Bocah Penderita Bocor Ginjal di Majalengka Datangi Polsek Minta Bantuan
    13/07/2020 - 23:43
  • Kapolres Ngawi Ajak Perguruan Silat Jaga Situasi Kondusif Jelang Muharam
    Kapolres Ngawi Ajak Perguruan Silat Jaga Situasi Kondusif Jelang Muharam
    13/07/2020 - 23:36
  • Perjuangan Erdogan Membebaskan Hagia Sophia
    Perjuangan Erdogan Membebaskan Hagia Sophia
    13/07/2020 - 23:29
  • Jusuf Kalla: Covid-19 Peluang untuk Kemandirian Bangsa
    Jusuf Kalla: Covid-19 Peluang untuk Kemandirian Bangsa
    13/07/2020 - 23:18
  • Tahun Ajaran Baru 2020:  Senang Dapat Teman Baru, Sedih Besok Libur Lagi
    Tahun Ajaran Baru 2020:  Senang Dapat Teman Baru, Sedih Besok Libur Lagi
    13/07/2020 - 23:11

TIMES TV

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

30/06/2020 - 20:22

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?
Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil

Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil
Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang

Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang
Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah

Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • Perjuangan Erdogan Membebaskan Hagia Sophia
    Perjuangan Erdogan Membebaskan Hagia Sophia
    13/07/2020 - 23:29
  • Peran Strategis Bank Indonesia Era Pandemi
    Peran Strategis Bank Indonesia Era Pandemi
    13/07/2020 - 22:00
  • Spirit Kuliah Daring
    Spirit Kuliah Daring
    13/07/2020 - 21:03
  • Mengusut Kembali Visi Pendidikan Negeri
    Mengusut Kembali Visi Pendidikan Negeri
    13/07/2020 - 20:15
  • Krisis Isu Rasisme di Amerika Serikat
    Krisis Isu Rasisme di Amerika Serikat
    13/07/2020 - 19:38
  • Tiga Paslon Pilkada Tangsel, Ini Peta Kekuatannya
    Tiga Paslon Pilkada Tangsel, Ini Peta Kekuatannya
    13/07/2020 - 17:12
  • Pilkada 2020 dan Momentum Lahirnya Pemimpin Dengan Gaya Baru
    Pilkada 2020 dan Momentum Lahirnya Pemimpin Dengan Gaya Baru
    13/07/2020 - 16:11
  • Membangun Peradaban Meritokrasi di Era Bonus Demografi
    Membangun Peradaban Meritokrasi di Era Bonus Demografi
    13/07/2020 - 15:50
  • Antisipasi Erupsi Saat Pandemi, BPBD Sleman Terapkan Ini di Pengungsian
    Antisipasi Erupsi Saat Pandemi, BPBD Sleman Terapkan Ini di Pengungsian
    14/07/2020 - 02:50
  • Biaya Perawatan Kendaraan Dinas Bupati dan Wabup Pandeglang Jadi Temuan BPK
    Biaya Perawatan Kendaraan Dinas Bupati dan Wabup Pandeglang Jadi Temuan BPK
    14/07/2020 - 02:45
  • Bidik Tiket Liga Champions, Lampard: Kami Tak Pernah Berharap pada City
    Bidik Tiket Liga Champions, Lampard: Kami Tak Pernah Berharap pada City
    14/07/2020 - 02:24
  • Koalisi Sudah Gemuk, Irna Incar Gerindra dan Nasdem di Pilkada Pandeglang
    Koalisi Sudah Gemuk, Irna Incar Gerindra dan Nasdem di Pilkada Pandeglang
    14/07/2020 - 02:05
  • Kemendikbud Mulai Buka Seleksi Calon Guru Penggerak
    Kemendikbud Mulai Buka Seleksi Calon Guru Penggerak
    14/07/2020 - 01:39
  • Oral Seks Ala Burung, Bikin Pasangan Ketagihan
    Oral Seks Ala Burung, Bikin Pasangan Ketagihan
    14/07/2020 - 00:02
  • Eksekusi Mati di AS Pertama Kalinya dalam 17 Tahun, Siapa Terhukumnya
    Eksekusi Mati di AS Pertama Kalinya dalam 17 Tahun, Siapa Terhukumnya
    14/07/2020 - 01:12
  • Aksi Marshanda Jadi Pelakor Dibanjiri Pujian Warganet
    Aksi Marshanda Jadi Pelakor Dibanjiri Pujian Warganet
    14/07/2020 - 00:30
  • Selamat! Aurel Hermansyah Dilamar Atta Halilintar
    Selamat! Aurel Hermansyah Dilamar Atta Halilintar
    14/07/2020 - 00:10
  • PSSI Jawa Barat: Pertandingan Tarkam Aniaya Wasit Tanpa Rekomendasi
    PSSI Jawa Barat: Pertandingan Tarkam Aniaya Wasit Tanpa Rekomendasi
    14/07/2020 - 00:00