Indonesia Positif

Pemanfaatan Lahan dalam Rangka Diservikasi Pangan Lokal

Selasa, 26 Mei 2020 - 13:39 | 57.59k
Kegiatan disevikasi panganlokasi: lahan BBPP Batu. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan disevikasi panganlokasi: lahan BBPP Batu. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Dampak dari pandemi covid-19 mengakibatkan pengurangan aktivitas dan harus melakukan social distancing. Keterbatasan ini tentunya mendorong pemenuhan ketersediaan pangan.

Menghadapi situasi seperti ini tentunya sesuai arahan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo untuk memenuhi kebuuhan pangan.

"Kita tidak bisa terus menerus mengimpor kebutuhan pangan, tantangan kita yang di dalamnya juga terkait permasalahan pangan yang seharusnya di hadapi bersama-sama," ungkapnya.

disevikasi-pangan-2.jpg

Oleh sebab itu tentunya perlu didukung oleh peningkatan SDM Pertanian, khususnya dalam rangka memenuhi ketahanan pangan nasional.

"Kebutuhan pangan tetap menjadi tugas Kementerian Pertanian bagi seluruh rakyat Indonesia, dimana produksi, maupun sistem pendistribusian juga terganggu akibat dampak covid 19. Oleh sebab itu Gerakan Ketahanan Pangan harus segera dilakukan, salah satunya adalah antisipasi dan optimalisasi pangan lokal," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi.

Seiring pertumbuhan penduduk tentunya sangat berpengaruh terhadap ketersediaan lahan pertanian. Dampak degradasi lahan produktif  menjadi lahan permukiman mengakibatkan lahan produktif menjadi berkurang. Sehingga lahan yang tersisa dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan ketahanan pangan.

disevikasi-pangan-3.jpg

Memanfaatkan pekarangan secara optimal yang ramah lingkungan dan ditopang pula oleh maksimalisasi produktifitas lahan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan berbasis partisipatif.

Untuk mewujudkannya hal ini diperlukan sentuhan terhadap aspek teknis produksi dan ekonomi serta perubahan perilaku masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman pangan, ternak, ikan, akan menjamin ketersediaan bahan pangan guna pemenuhan gizi keluarga dan memberikan sumbangan pendapatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES