Gaya Hidup

Satru Asam, Camilan Lebaran yang Hangatkan Silaturahmi

Rabu, 27 Mei 2020 - 15:09 | 192.29k
Satru Asem, jajanan lebaran yang mengundang kehangat silaturahmi. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Satru Asem, jajanan lebaran yang mengundang kehangat silaturahmi. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Ada satu jajanan lebaran yang selalu hadir mewarnai kehangatan silaturahmi di hari yang fitri. Jajanan yang mengundang kerinduan di masa kecil ini akrab disebut Satru Asam.

Permen jadul berwarna warni dengan bentuk yang lucu, seperti bentuk sandal, baju, boneka, serta beragam bentuk lainnya yang lucu. Kekhasan juga muncul saat merasakan permen yang berukuran mini ini.

Saat digigit memberikan sensasi dingin dan meletus di mulut, hingga membuat anak-anak kecil begitu menyukai permen yang juga memiliki rasa asam yang pas ini. 

“Permen Satru Asem atau ada juga yang menyebut Sitrun ini memang menjadi salah satu jajanan yang ditunggu, terutama oleh anak-anak kecil. Permen yang lumer di mulut ini memang primadona,” ujar Siti Muawanah, warga Bumiaji, Kota Batu.

Permen ini memiliki rasa manis gula halus dengan sedikit campuran rasa asam dari jeruk nipis.  Kombinasi rasa yang memanjakan lidah ini akan membawa bernostalgia ke masa kecil lalu. Saat ini permen unik ini memiliki bentuk yang disesuaikan dengan kondisi zaman, sehingga tetap menjadi pilihan jajanan di masa kini.

Cara membuat permen ini cukup mudah. Anda bisa menggunakan bahan ½ kg gula halus, 1-2 buah jeruk asam dan pewarna makanan. 

Langkah memasak Satru Asam adalah mencampur gula halus dengan air perasan jeruk asam, aduk rata kemudian dicetak sesuai dengan selera. Nah, jajanan lebaran tradisional ini sudah siap dinikmati saat sudah dingin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES