Kuliner

Kuliner Lebaran Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Kamis, 28 Mei 2020 - 00:17 | 64.26k
ILUSTRASI: Rendang. (FOTO: Gulalives)
ILUSTRASI: Rendang. (FOTO: Gulalives)

TIMESINDONESIA, MALANG – Lebaran di Indonesia selalu diperingati dengan sangat meriah. Tak hanya dengan baju baru, tapi juga sajian kuliner lebaran khas Indonesia juga turut memeriahkan lebaran.

Yang paling umum adalah ketupat yang disandingkan dengan opor ayam. Hidangan ini berupa ayam rebus yang dibumbui dengan santan kental, serai, kencur, bawang merah, bawang putih. Opor ayam biasanya disajikan dengan sepiring ketupat dan sambal goreng ati ampela atau ati kentang. Sambal goreng ini juga bisa dicampur dengan tempe, ikan, buncis, atau krecek. 

Namun selain ketupat opor ayam, ada beberapa makanan khas lebaran di berbagai daerah di Indonesia. Apa sajakah itu?

Rendang (Sumatra Barat) 

Rendang menjadi menu khas lebaran bagi masyarakat Minang. Rendang bisa disajikan begitu saja atau menjadi pendamping menu lontong. Rendang yang dibuat tidak melulu dari daging, namun bisa juga berupa rendang ayam, rendang telur, atau rendang lokan (kerang). 

Ayam Gagape (Makassar) 

Ayam gagape menjadi hidangan andalan saat lebaran di Makassar. Ayam gagape disebut juga opor ayamnya orang Makassar. 

Hidangan bersantan ini menjadi sajian utama menggunakan ayam kampung yang dibumbui rempah-rempah kompleks khas Sulawesi. Bedanya dengan opor ayam adalah kuahnya yang sedikit, namun kental. Saat disajikan, ayam gagape ditaburi dengan kelapa parut yang disangrai. 

Soto Banjar (Banjarmasin) 

Kuliner Nusantara satu ini berbahan utama ayam yang diolah dengan aneka rempah, seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Daging ayamnya disuwir dan disajikan dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, telur rebus, dan ketupat. Soto Banjar juga dipasangkan dengan sepiring nasi, bukan ketupat. 

Semur Betawi (Jakarta) 

Semur adalah sajian khas masyarakat Betawi di Jakarta. Bahannya adalah potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga lunak. Daging dilumuri dengan campuran merica halus, ketumbar, jintan, biji pala, lengkuas, jahe, dan garam. 

Bawang merah dan bawang putih ditumiskan terlebih dahulu bersama cengkeh, kayu manis, daun salam, dan serai sebelum dimasukkan campuran daging berbumbu. Semur Betawi ini biasanya juga disajikan dengan bencok, sebutan untuk kentang goreng dengan ebi halus. 

Kuah Labu (Aceh) 

Kuah labu atau kuah boh labu menjadi salah satu menu Lebaran di Aceh. Hidangan ini lebih mirip dengan gulai menggunakan bumbu rempah standar dan daun temurui atau salam koja. Daun ini lah yang memberi sensasi aroma khas dari kuah labu. Labu yang dipakai adalah labu air, mirip seperti labu siam, namun tidak terlalu banyak getahnya. Kuah labu biasanya disajikan dengan daging.

kuliner lebaran khas memang enak ya, lebih nikmat bila dimakan bersama sanak keluarga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES