Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Sholat Idul Fitri di Rumah Kuatkan Ketahanan Keluarga

Minggu, 24 Mei 2020 - 17:00 | 79.30k
Suasana shalat Idul Fitri 1441 H di rumah yang menjadi penopang ketahanan keluarga untuk mencegah penyebaran Covid-19, Minggu (24/5/2020). (FOTO: Helmi Jamharis/DJ TIMES Indonesia)
Suasana shalat Idul Fitri 1441 H di rumah yang menjadi penopang ketahanan keluarga untuk mencegah penyebaran Covid-19, Minggu (24/5/2020). (FOTO: Helmi Jamharis/DJ TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, BANTULShalat Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/5/2020) terasa istimewa dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ya, rumah yang saat shalat id didirikan biasa terasa lenggang karena ditinggal ke masjid atau lapangan. Namun, pada tahun ini justru seluruh penghuninya setia tinggal di rumah dan bersama seluruh keluarga melaksanakan shalat id. Hal ini tentu semakin membuat ketahanan keluarga semakin kokoh.

Peristiwa ini tentu tidak dapat dilepaskan dari penyebaran Covid-19 yang belum berakhir. Sehingga, tetap memerlukan kewaspadaan dan kesadaran semua pihak untuk menghindari kerumunan massa.

“Covid-19 yang belum beranjak turun ini telah  menghadirkan pola hidup yang berbeda namun juga memberikan hikmah yang besar bagi keluarga muslim untuk lebih dekat dengan Allah,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul, Drs Helmi Jamharis.

Berkumpulnya seluruh keluarga akan dapat mempererat hubungan silaturahmi antara suami, Istri dan anak. Hal ini sekaligus memberikan kesempatan bagi salah satu anggota keluarga untuk memimpin shalat id. Menjadi imam dan khotib bisa jadi akan menjadi pengalaman pertama karena pengalaman tahun-tahun sebelumnya selalu menjadi makmum. 

"Dengan melaksanakan sesuatu yang baru akan terdorong untuk belajar sekalipun jarang dialami,” tambah Helmi tentang hikmah dibalik sholat Idul fitri di rumah.

Memanfaatkan rumah untuk ibadah berarti berusaha menghadirkan rahmat. Sejak ramadhan dihiasi dengan shalat tarweh dan tadarus membuat rumah semakin hidup dengan hiasan amal sholeh yang diridloiNya. Ibadah shalat Idul Fitri di rumah juga menguatkan ketahanan keluarga. Semoga Covid-19 segera berakhir dan shalat Idul Fitri di masa yang akan datang telah semarak sebagaimana mestinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES