Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Lazismu Salurkan Bantuan Paket Ramadhan ke Rohingya dan Tepi Barat

Minggu, 24 Mei 2020 - 01:54 | 59.31k
Paket bantuan Lazismu yang disalurkan ke Rohingya dan Tepi Barat, Gaza, Palestina. (FOTO: Lazismu for TIMES Indonesia)
Paket bantuan Lazismu yang disalurkan ke Rohingya dan Tepi Barat, Gaza, Palestina. (FOTO: Lazismu for TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah krisis pandemi global, Lazismu sebgai lembaga amil zakat nasional dalam program ramadhan Memberdayakan, telah menyalurkan bantuan bertajuk ketahanan pangan yang secara nasional serentak digaungkan untuk para penerima manfaat. Selain di dalam negeri, perhatian Lazismu di ramadhan juga tertuju ke Rakhine State, Myanmar, untuk menyalurkan bantuan paket ramadhan ke penerima manfaat.

Nasharudin yang berada di lokasi sekaligus mewakili Lazismu mengatakan, dalam penyaluran bantuan ini, Lazismu berkolaborasi dengan Community Initiative Development (CID).

Lazismu-5.jpg

Nashar mengungkapkan secara manajemen kolaborasi Lazismu dan mitra lokal di Myanmar di bawah arahan Padi Global Asia (PGA) dan secara legalitas lapangan di bawah CID.

“Alahmdulillah dengan sinergi ini banyak mendapatkan kemudahan akses dan penerimaan pemerintah dan masyarakat di lapangan serta komunitas lainnya,” terangnya.

Nashar menambahkan, dalam penyaluran bantuan itu penerima manfaatnya semua adalah Rohingya. Ada 4 titik yang menjadi target penyaluran bantuan paket ramadhan. Pertama, dua masjid di Dar Paing Camp yakni masjid in Makee Myaing village dan masjid in Nga Pwint Gyi village pada Sabtu, 23 Mei 2020.

Total penerima penerima manfaatnya sekitar 800 dalam bentuk menu buka puasa (iftar) dan 200 di antaranya anak-anak yang membawa pulang untuk makan di rumah. Diperkirakan ada 1.000 penerima manfaat iftar. Sedangkan paket ramadhan dibagikan untuk 100 kepala keluarga.

“Jika 1 KK terdiri dari 6 anggota keluarga, maka bisa dikatakan 600 orang memperoleh manfaat bantuan paket ramadhan ini,” terangnya mengabarkan dari lapangan yang di Indonesia menunjukkan waktu pukul 01.05 WIB, tanggal 24 Mei 2020.

Secara keseluruhan menurutnya, ada 1.600 penerima manfaat, sambung Nashar yang juga penanggung jawab CID.

Tepi Barat, Gaza

Sebelumnya, Lazismu melalui Muhammadiyah Aid, juga telah menyalurkan paket bantuan ramadhan untuk warga yang berada di Tepi Barat, Gaza, Palestina. Penanggung Jawab Muhammadiyah Aid, Wachid Rdwan mengatakan, bantuan ke Tepi Barat disalurkan melalui Al-Tsauri Silwan Women Center (AWC) dan bantuan ke Gaza disalurkan melalui International Education Scientific and Cultural Organisation  (IESCO).

Wachid mengatakan, bantuan yang disalurkan sebagai bingkisan Ramadhan diperuntukkan bagi duafa dan warga yang terdampak covid-19. Khususnya, mereka yang tidak punya penghasilan tetap karena wilayah masing-masing dalam kondisi lockdown. Jumlah dana yang disalurkan sebesar USD 6.500 (enam ribu lima ratus Dolar) untuk Tepi Barat dan USD 6.500 (enam ribu lima ratus dolar) yang dikemas dalam bentuk paket sembako.

Wachid menuturkan, bantuan paket ramadhan dari Lazismu ke Pelestina dilakukan sejak 7 Mei sampai 22 Mei 2020. Hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara umat muslim di Palestina yang tengah bertahan melawan wabah Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES