Peristiwa Daerah

Tak Ada Takbir Keliling, Takbir Tetap Bergema di Masjid Majalengka Sambut Lebaran 2020

Sabtu, 23 Mei 2020 - 21:54 | 111.38k
Takbir Tetap Bergema di Masjid. (foto: SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ)
Takbir Tetap Bergema di Masjid. (foto: SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKATakbir keliling dengan menggunakan kendaraan tidak muncul di sejumlah jalan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Sabtu (23/5/2020) malam. Namun, takbir tetap bergema di masjid-masjid dan mushala menyambut Lebaran 2020.

Tidak ada warga Majalengka, yang menggelar takbir keliling dengan menggunakan kendaraan bermotor. Baik roda dua maupun empat. Hal ini lantaran sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) salah satu poinnya tentang meniadakan takbir keliling.

Warga lebih memilih mengumandangkan takbir di dalam masjid dan mushala. Baik masyarakat yang berada di dalam kota hingga pelosok desa.

Kondisi tersebut, berbeda dengan jelang H-1 Lebaran tahun 2019 lalu. Bahkan, biasanya takbir keliling juga seringkali digelar setiap tahunnya, dalam rangka menyambut hari kemenangan Idul Fitri. Baik yang digelar tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa.

Ditiadakannya takbir keliling pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H, tahun 2020 ini, menurut Bupati Majalengka, H Karna Sobahi, agar tidak ada kerumunan bayak orang. Terlebih saat ini Kabupaten Majalengka, masih dalam penerapan PSBB.

Kegiatan takbiran pada malam Idul Fitri di masjid dan mushala, hanya diperkenankan dilakukan oleh pengurus atau takmir di masjid atau mushola secara terbatas.

"Sedangkan takbir keliling, ditiadakan. Begitu pula untuk silaturahim atau halal bi halal dan ziarah kubur secara massal, juga ditiadakan. Hal ini demi mengantisipasi penular virus Covid-19," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES