Peristiwa Daerah

Lebaran Lebih Awal, Ponpes Sabilil Muttaqin Magetan Gelar Shalat Id Hari Ini

Sabtu, 23 Mei 2020 - 17:16 | 34.15k
Jamaah Ponpes Sabilil Muttaqin (PSM) Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur saat mengelar shalat Idul Fitri. (Foto: Jamah Ponpes Sabilil Muttaqin)
Jamaah Ponpes Sabilil Muttaqin (PSM) Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur saat mengelar shalat Idul Fitri. (Foto: Jamah Ponpes Sabilil Muttaqin)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Meski pemerintah telah resmi menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu (24/5/2020). Namun, Ponpes Sabilil Muttaqin (PSM) Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengelar shalat Id pada hari ini, Sabtu (23/5/2020).

Ratusan jemaah tampak antusias melaksanakan shalat id di lingkup pondok pesantren. Mereka yang datang hingga meluber ke halaman masjid.

Pelaksanaan shalat Id ini lebih awal dari jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah. Alasannya, pihak pondok pesantren tersebut meyakini 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari ini sesuai metode perhitungan bulan yang diwariskan turun temurun dari pendiri Ponpes Sabilil Muttaqin Hadratus Syech Imam Mursyid.

"Sebagai keturunannya, saya mewarisi dan meneruskanya. Hisab biasanya kita ambil setelah malam 22 Ramadhan, jika bulannya cekung berarti umurnya bulan qomariyah hijriyah itu pasti 29 hari. Tapi jika masih cembung berarti usia hari dalam sebulan 30 hari," terang KH Zuhdi Tafsir, Sabtu (23/5/2020).

Meski telah berlebaran, tetapi pihak Ponpes Sabilil Muttaqin (PSM) Takeran, Kabupaten Magetan, tetap menghormati umat muslim lainnya yang baru akan melaksanakan shalat Id besok Minggu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES