Peristiwa Daerah Lebaran 2020

Yuhronur Efendi Ajak Warga Lamongan Jalankan Silaturahmi Virtual

Sabtu, 23 Mei 2020 - 18:25 | 94.84k
Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Yuhronur Efendi. (FOTO: Yuhronur Efendi for TIMES Indonesia)
Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Yuhronur Efendi. (FOTO: Yuhronur Efendi for TIMES Indonesia)
FOKUS

Lebaran 2020

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Di masa pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19, Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Yuhronur Efendi memilih untuk menjalankan silaturahmi virtual saat Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Selama pandemi Covid-19 ini, silaturahmi secara virtual bisa menjadi solusi terbaik di hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah," kata Yuhronur Efendi, Sabtu, (23/5/2020).

Berbeda dengan dahulu, open house saat Idul Fitri menjadi tradisi yang selalu dijalankan para pejabat daerah. Namun, untuk mengindahkan social distancing dan phisical distancing, aplikasi telekonferensi video akan menjadi pilihannya demi memutus rantai penyebaran virus Corona. 

Ia mengaku akan menggunakan teknologi internet untuk menyambung silaturahmi dengan warga Lamongan di masa lebaran kali ini. "Kan kita sekarang sudah di era 4.0, jadi bisa menggunakan bersilahturahmi secara virtual dengan saudara-saudara kita yang ada di penjuru Lamongan atau yang di perantauan," ujarnya. 

Yuhronur juga mendorong warga Lamongan memanfaatkan kecanggihan teknologi agar silaturahmi bisa tetap berjalan di tengah pandemi ini. 

"Sebaiknya di rumah saja. Tolong sabar sedikit dengan situasi sekarang ini, karena penyebaran Covid-19 semakin tinggi," ucapnya.

Yuhronur pun membagikan tutorial silaturahmi virtual kekinian saat pandemi virus corona silaturahmi virtual ditengah pandemi bisa menjadi solusi agar tetap terhubung bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar dan teman. Bagaimana caranya?

1. Tetap di rumah masing-masing

Langkah pertama yang perlu  dilakukan untuk silaturahmi virtual tentunya tetap berada di rumah masing-masing, ini sekaligus memerapkan social distancing dan phisical distancing. Dengan berada #DiRumahSaja maka sudah berkontribusi untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

2. Siapkan Kuota 

Silaturahmi online tentunya membutuhkan berbagai aplikasi panggilan video yang bisa dilakukan dengan jumlah banyak partisipan. Seperti Zoom, Google Meet, WhatsApp, dan Skype. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, dibutuhkan kuota internet yang mumpuni agar silaturahmi virtual lancar tanpa gangguan koneksi.

3. Pakai Baju Muslim

Menyiapkan diri untuk mengenakan baju muslim sebelum melakukan silaturahmi virtual, karena, dengan mengenakan baju muslim, maka suasana Lebaran bersama sanak saudara, teman akan kian terasa kental, meski tak berkomunikasi langsung secara tatap muka.

4. Siapkan Jajanan dan makanan Lebaran

Makan bersama sanak famili di saat Lebaran memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu. Namun, apa daya, di saat pandemi virus Corona ini kita harus saling menjaga jarak dan tak boleh berkumpul. Tapi bukan berarti makan bersama tak bisa dilakukan, karena di zaman yang serba canggih ini makan bisa disiarkan secara langsung. Langkahnya, kita menyiapkan makan di rumah masing-masing, untuk selanjutnya dimakan bersama saat melakukan silaturahmi virtual. Ini menggambarkan seolah-olah kita menikmati jajanan dan makanan Lebaran secara bersama-sama, dan menjadi kesempatan untuk saling intip sajian di rumah masing-masing.

5. Foto edisi Lebaran virtual

Setelah silaturahmi virtual bersama sanak saudara, dan teman, belum lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen Hari Raya dengan melakukan sesi foto bersama. Meski tidak berkumpul secara langsung atau bertatap muka, foto bersama tetap bisa dilakukan. Caranya dengan screenshot saat video conference bersama keluarga.

Nah itu beberapa tips silaturahmi virtual yang disajikan Yuhronur Efendi. Jadi, jangan jadikan pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19 sebagai alasan untuk tak bersilaturahmi dengan saudara dan teman ya. Tetap sehat dan semangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES