Peristiwa Daerah Lebaran 2020

Nyekar di Sungai, Solusi Warga Ponorogo untuk Ziarah ke Makam Leluhur Luar Daerah

Sabtu, 23 Mei 2020 - 15:57 | 106.20k
Rini Widyawati warga Desa Sampung saat melarungkan bunga tanda tali asih pada leluhurnya. (foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia )
Rini Widyawati warga Desa Sampung saat melarungkan bunga tanda tali asih pada leluhurnya. (foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia )
FOKUS

Lebaran 2020

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Tradisi masyarakat Ponorogo nyekar (ziarah makam) menjelang lebaran 2020 masih dilaksanakan sebagian masyarakat meski dalam kondisi pandemi covid-19.

Imbauan pemerintah untuk di rumah saja, nampak efektif dan diperhatikan masyarakat. Nampak jumlah peziarah di makam-makam berkurang sangat jauh dibanding lebaran sebelumnya.

Nyekar-di-Sungai-2.jpg

Sebagian masyarakat memilih nyekar di sungai atau perempatan jalan desa daripada pergi kemakam leluhur yang ada di luar daerah.

"Mengikuti imbauan pemerintah untuk di rumah saja, nyekar di sungai juga masih bisa," ujar Rini Widyawati, Warga Desa Sampung, Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (23/5/2020).

Menurutnya, keluarga biasanya nyekar ke makam leluhur yang ada di Kediri menjelang Ramadhan atau Lebaran, mengikuti anjuran kebijakan pemerintah untuk dirumah saja, tahun ini nyekar dilakukan di Sungai.

Sebagai masyarakat harus yakin semua kebijakan pemerintah untuk kebaikan seluruh masyarakat, melaksanakan semua himbauan pemerintah merupakan kewajiban. "Masih banyak solusi dalam pembatasan protokol kesehatan, semoga pandemi covid-19 segera sirna dari Ponorogo," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES