Kuliner

6 Menu Makanan Ini Wajib Ada untuk Ceriakan Lebaran 2020 di Rumah Aja

Selasa, 26 Mei 2020 - 17:27 | 255.99k
Aneka masakan khas lebaran. (Foto:theshonet)
Aneka masakan khas lebaran. (Foto:theshonet)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri biasanya dirayakan bersama keluarga besar dan diisi dengan berbagai kegiatan seperti silaturrahmi. Namun, pada momen lebaran 2020 ini akan terasa berbeda lantaran pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah melarang mudik dan menganjurkan lebaran di rumah aja.

Nah, untuk merayakan lebaran di rumah aja, yuk coba membuat 6 menu masakan berikut ini untuk dijadikan hidangan dalam momen perayaan Lebaran bersama keluarga inti yang wajib kamu sediakan di rumah. Berikut daftarnya dikutip dari jakmall:

1. Semur Daging
 

Nikmatnya daging sapi maupun ayam yang dikukus bersama kuah kecap dan rempah-rempah lainnya selalu berhasil memanjakan lidah. Semur daging merupakan makanan khas Lebaran Idul Fitri yang wajib kamu hidangkan.

2. Rendang 
 

Fakta membuktikan bahwa rendang daging sapi sangat dicintai orang-orang tidak sekadar masyarakat Padang, Indonesia, bahkan masyarakat dunia mencintai makanan khas lebaran Idul Fitri ini. Rendang sapi khas Padang berhasil memperoleh kembali gelarnya sebagai makanan terlezat di dunia tahun 2017, sebelumnya gelar ini didapatkan juga pada 2011 silam.

3. Opor Ayam
 

Bukan hanya makanan dengan olahan daging sapi yang jadi primadona resep masakan khas Lebaran, daging ayam juga difavoritkan. Salah satu yang banyak dibuat saat hari raya ini untuk menemani ketupat adalah opor ayam. Kuah opor yang gurih ditambah daging ayam yang bergizi, akan membuat siapa pun menikmatinya.

4. Soto
 

Beberapa wilayah dan kebudayaan di Indonesia menjadikan soto sebagai salah satu makanan khas Lebaran yang wajib dihidangkan. Soto juga bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis, seperti soto betawi, soto lamongan, soto padang, dan lain-lain. Jika kamu ingin menu Lebaran yang lebih variatif di rumah, masakan ini cocok menjadi pilihan.

5. Serundeng Daging

Satu lagi masakan khas Lebaran di Indonesia dari olahan daging yang tak boleh dilewatkan, yakni serundeng. Masakan ini memberikan kenikmatan dengan sentuhan ajaib dari rempah-rempah berbahan dasar kelapa yang disuwir tipis ditambah daging berserat yang gurih. Makanan ini cocok bagi kamu yang menginginkan makanan tanpa terlalu banyak kuah.

6. Ketupat

Untuk melengkapi berbagai menu makanan Lebaran di atas, rasanya jika disajikan dengan nasi tidak terlalu tepat. Bagai kepala tanpa rambut, begitu pula opor ayam, rendang, serundeng yang tanpa ketupat. Makanan khas Lebaran ini adalah simbol hari raya Idul Fitri yang ikonik, sehingga ini merupakan karbohidrat yang wajib ada di meja kamu.

Selain 6 masakan di atas, merayakan lebaran 2020 juga bisa dengan mengobrol bersama keluarga dengan hidangan kue kering dan menambah kehangatan silaturrahmi dengan memberikan angpao dan bingkisan. Lebaran 2020 ceria meski di rumah aja. Selamat Hari Raya Idul Fitri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES