Peristiwa Nasional Lebaran 2020

Perlukah Ada Khotbah Jika Melakukan Shalat Id di Rumah?

Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:00 | 108.05k
Ilustrasi penceramah melakukan Khotbah. (Foto: Islam.NU)
Ilustrasi penceramah melakukan Khotbah. (Foto: Islam.NU)
FOKUS

Lebaran 2020

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bagi yang shalat id sendirian, tentu saja tanpa khotbah. Bagaimana halnya bagi yang berjamaah? Khotbah dalam shalat Id adalah sunnah.

Dikutip dari buku Asy Syariah karya Qomar ZA, LC selaku Pengasuh Ponpes Darul Atsar, Kedu Temanggung Jawa Tengah menurutnya ada empat mazhab diantaranya (Raddul Mukhtar, 2/175; Minahul Jalil, 1/466; Mughnil Muhtaj, 1/589; al-Inshaf, 3/353).

Dengan demikian, shalat Id tetap sempurna sekalipun tanpa khotbah. Ibnul Qasim mengatakan,

“Tidak wajib menghadiri khotbah dan tidak wajib mendengarkannya. Tidak hanya satu orang ulama yang mengatakan bahwa ulama yang mewajibkan shalat Id dan ulama lainnya telah bersepakat tentang tidak wajibnya khotbah. Kami tidak ketahui ada seorang ulama yang mewajibkannya.

Al-Muwaffaq mengatakan, hanyalah khotbah itu diakhirkan setelah shalat—wallahu a’lam—karena hukumnya tidak wajib. Karena itu, khotbah ditempatkan pada waktu yang memungkinkan orang yang ingin meninggalkannya untuk meninggalkannya.” (Hasyiyah ar-Raudhul Murbi’ 2/513)

Hukum ini berlaku dalam kondisi normal. Alasannya, Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak mewajibkan mendengarkan khotbah. Dengan demikian, ini berarti bahwa khotbah itu tidak wajib. (Hasyiyah ar-Raudhul Murbi’ 2/513)

Ibnu Rajab menerangkan bahwa sebagian ulama berpendapat, bagi yang tertinggal shalat Id boleh melakukannya baik dengan sendirian maupun berjamaah.

Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan, dahulu Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu memerintah seseorang untuk mengimami orang-orang (yang lemah dan tidak bisa mengikuti jamaah) agar shalat di Masjid Kufah dua rakaat. Ibnu Abi Laila mengatakan, “Shalat dua rakaat.”

Seseorang bertanya kepada Ibnu Abi Laila, “Shalat tanpa khotbah?” “Ya,” jawabnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES