Kesehatan

Ini Cara Jaga Masalah Pencernaan Saat Lebaran

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:05 | 43.80k
Ilustrasi gangguan pencernaan (Foto : Alodokter)
Ilustrasi gangguan pencernaan (Foto : Alodokter)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masalah saluran pencernaan kerap melanda kala Lebaran atau usai Puasa. Mulai dari menyantap makanan terlalu banyak hingga kurang makan sayur dan buah. Berikut ada enam tips yang bisa Anda lakukan hari ini agar terhindar dari masalah pencernaan seperti dilansir dariBoldsky.


1. Mulai dengan Sayur dan Buah

Baik dalam bentuk salad atau dalam bentuk lainnya bakal sangat menyehatkan dan membuat kamu kenyang. Mulai konsumsi makanan ini sebelum lainnya agar kamu merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Makanan ini juga dapat meningkatkan metabolisme dan membuat pencernaanmu tetap sehat terjaga.

2. Batasi Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan berminyak saat lebaran ketika tubuh dan sistem pencernaan tidak sempurna bisa menyebabkan masalah. Hal ini bisa membuat kamu sulit buang air dan mengalami masalah dalam mencerna makanan.


3. Jangan Banyak Garam
 

Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini bisa menimbulkan masalah pada jantung karena selama sebulan tidak mengalami tekanan seperti ini.

4. Konsumsi Makanan Secara Seimbang

Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, dan sayuran yang seimbang untuk membuat tubuh tetap sehat. Kurangi konsumsi lemak dari ikan dan daging untuk membuat pencernaanmu tetap sehat selama lebaran.


5. Makan secukupnya

Tidak makan secara berlebihan bisa menyelesaikan sebagian besar dari masalah yang kamu alami terutama dalam hal pencernaan. Jika tidak banyak makanan yang harus kamu cerna, maka semakin sedikit peluangmu mengalami masalah pencernaan.

6. Minum Banyak Air

Mengonsumsi banyak air bakal membuat kamu bisa menjaga kesehatan tubuh. Menjaga asupan air juga bakal membuat kamu merasa lebih segar dan pencernaanmu terjaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES