Peristiwa Daerah

Penyaluran BLT di Kecamatan Punggelan Banjarnegara Capai 94 persen

Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:07 | 244.05k
Suasana penyaluran BLT DD, yang langsung dimonitor oleh Camat Punggelan beserta unsur Forkopimcam. (Foto: dok kecamatan Punggelan For TIMES Indonesia)
Suasana penyaluran BLT DD, yang langsung dimonitor oleh Camat Punggelan beserta unsur Forkopimcam. (Foto: dok kecamatan Punggelan For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I Mei 2020, yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, sudah mencapai 94 persen.

Hal itu disampaikan Camat Punggelan, Andri Mukti Sasongko. Menurutnya, hingga Jumat, 22 Mei 2020, penyaluran BLT yang bersumber dari DD, sudah terlaksana di 16 desa dari 17 desa yang ada di Kecamatan Punggelan.

"Artinya sudah 94 persen BLT tersebut tersalurkan," ucap Camat dalam pesan WhatsApp, Jumat (22/5/2020) malam.

Pada Jumat, lanjut Camat, ada 6 desa yang sedang menyalurkan BLT DD tahap I, yaitu, Desa Mlaya, Purwasana, Punggelan, Karangsari, Kecepit dan Desa Danakerta.

Sebelumnya, sudah 10 desa menyalurkan BLT DD dan tinggal satu desa yang belum yakni Desa Badakarya. "Rencananya Sabtu, 23 Mei 2020, akan menyalurkan BLT DD nya," imbuh Camat.

Di Kecamatan Punggelan, BLT DD dianggarkan dengan total nilai Rp 1,02 milyar untuk 17 desa dan jumlah penerima sebanyak 1.807 KK. "Dan sudah tersalurkan senilai 978 juta rupiah, atau 1630 KK penerima," terang Andri.

Camat Punggelan bersama unsur Forkopimcam, diantaranya Kapolsek, Danramil serta Tim GuGas Covid-19, memantau langsung jalannya pelaksanaan penyaluran BLT DD tersebut.

Di sela-sela monitoring ke desa-desa yang melaksanakan penyaluran BLT DD, Camat juga mensosialisasikan tentang ketentuan pelaksanaan shalat idul Fitri 2020 di dalam situasi darurat covid-19.

Hal ini dilakukan, camat menambahkan, sesuai dengan surat Bupati Banjarnegara, sebagai tindak lanjut surat Gubernur Jawa Tengah, serta Tausiyah MUI Jateng, yang mengimbau pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini dilakukan dirumah masing-masing bersama keluarga inti.

Disamping itu, lanjut Camat, tim juga mengedukasi kepada warga masyarakat yang masih dijumpainya melaksanakan shalat Jumat di masjid, untuk diganti dengan shalat dzuhur dirumah. Ini tak lain demi memutus rantai penyebaran virus corona covid-19.

Selain penyaluran BLT Dana Desa, imbauan, edukasi, dan sosialisasi juga tak henti-hentinya tim sampaikan kepada masyarakat Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, di antaranya tentang kewajiban memakai masker bagi warga yang melakukan aktivitasnya di luar rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Adhitya Hendra

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES