Peristiwa Nasional

Warga Morotai Dapat Shalat Id di Lapangan dan Masjid

Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:23 | 117.79k
Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Benny Laos. (FOTO: Husain/TIMES Indonesia)
Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Benny Laos. (FOTO: Husain/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) Benny Laos, juga sebagi ketua Satgas Covid-19 memperbolehkab warga menggelar Shalat Id pada Idul Fitri 2020, Minggu (24/5/2020) di lapangan atau masjid.

Keputusan itu tertuang dalam surat tertanggal 22 Mei 2020 Nomor: 164/GT COVID-19N/2020 ditandatangani oleh Bupati Benny Laos. 

Namun, dalam suasana pandemi sehingga pencegahan Covid-19 di Kabupaten Pulau Morotai wajib dilakukan saat melakukan sejumlah kegiatan dengan beberapa instruksi.

Morotai-Dapat-Shalat-Id.jpg

Pertama, Kepada Para Camat, Kepala Puskemas dan Kepala Desa wajib memfasilitasi pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri di RT/RW di Desa masing-masing sehingga berjalan aman dan lancar.

Kedua, membantu pelaksanaan kegiatan malam takbiran yang dilaksanakan di masjid masing-masing Desa/RT/RW sehingga berjalan aman dan lancar.

Ketiga, Pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri dapat dilaksanakan di Masjid atau di lapangan, tapi di Desa/RT/RW masing-masing dengan tetap mengacu pada Protokoler Kesehatan.

GUGUsTugas-Covid.jpg

Ditegaskan, dalam protokuler kesehatan warga masyarakat wajib menggunakan masker, tidak dalam keadaan sakit dan tetap memeriksa suhu badan.

c. Memasang tempat cuci tangan dan siapkan air serta sabun, menggunakan sajadah masing-masirg dan tidak berjabat tangan atau berpelukan.

Bupati Benny meminta agar instruksi ini menjadi perhatian bagi para camat, tenaga kesehatan dan para kepala desa serta warga masyarakat yang hendak melaksanakan sholat idul Fitri secara berjamaah yang terpusat.

Lahirnya instruksi tersebut, karena memperhatikan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Panduan Kaifat Takbir dan Shalat Id Saat Pandemi Covid-19 dan hasil rapat Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pulau Morotaii bersama Organisasi Agama Islam yaitu MUI, NU, Muhammadiyah, GP Ansor dan para Imam Masjid. Pada Jum'at (22/5/2020) di Marahay Villa Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES