Peristiwa Nasional

Penyaluran BLT DD Tahap I Pulau Taliabu Telah Selesai di 69 Desa

Jumat, 22 Mei 2020 - 23:23 | 59.95k
Penyaluran Dana Desa Tahap I Desa Parigi, Kecamatan Taliabu Timur oleh Kepala Desa Parigi kepada warga (FOTO: Husen/TIMES Indonesia)
Penyaluran Dana Desa Tahap I Desa Parigi, Kecamatan Taliabu Timur oleh Kepala Desa Parigi kepada warga (FOTO: Husen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU TALIABU – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) telah tersalur ke 69 desa dari total 71 desa yang ada.

Dari data yang di kantongi TIMES Indonesia, penyaluran BLT DD Pulau Taliabu telah tersalur ke 3.632 kepala keluarga (KK) yang berhak menerima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.  Dengan jumlah anggaran sebesar Rp 2.384.400.000.

Penyaluran BLT tahap I yang direncanakan tersalur pada mulai April. Tetapi karena tahapan validasi data sinkronisasi data dengan penerima pKH dan bantuan lainnya  menyebabkan penyaluran baru dilaksanakan pada bulan Mei ini.

"Ada beberapa kendala di lapangan seperti validasi data sinkronisasi dengan penerima PKH juga bantuan lainnya ini menjadi kendala penyaluran di lapangan. Harusnya tahap I disalurkan pada Bulan April," kata Marlon, Tenaga Ahli P3MD Pulau Taliabu.

Marlon mengatakan, untuk Kabupaten Pulau Taliabu tinggal menyisakan 9 desa yang belum menyalurkan BLT Tahap I.

"Masih 9 desa lagi yang belum terealisasi BLT tahap I, mereka sekarang masih melaksanakan tahapan musyawarah di Desa. Untuk penyaluran Tahap II sudah ada desa melakukan, 14 desa dengan jumlah penerima 678 total anggaran sebesar 426.000.000," tambahnya.

Penyaluran BLT terutama di Pulau Taliabu yang sebelumnya dilaksanakan 3 tahap penyaluran menjadi 6 tahapan setelah diterbitkan PMK No 50 Tahun 2020 tentang perubahan kedua PMK No 205 Tahun 2019 tentang Pegelolaan Dana Desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES