Kesehatan NKRI Lawan Corona

Lagi, Ini Panduan Menjaga diri dari Serangan Virus Corona

Selasa, 26 Mei 2020 - 12:29 | 97.31k
Mencuci tangan sebagai salah satu cara mencegah Virus Corona. (FOTO: Liputan 6)
Mencuci tangan sebagai salah satu cara mencegah Virus Corona. (FOTO: Liputan 6)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat rentan terhadap tertularnya oleh virus mematikan tersebut. Namun ada  tips dan panduan dari WHO yang bisa diterapkan untuk melindungi diri dan mencegah penularan virus Corona.

Seperti dilansir Halodoc, tips tersebut di antaranya adalah: 

Rajin Cuci Tangan 

Rutin mencuci tangan dengan benar bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman dan virus yang mungkin ada di tangan, termasuk virus corona. Biasakan untuk mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan menggunakan air bersih dan sabun atau cairan berbasis alkohol. 

Menjaga Jarak 

Menjaga jarak aman, terutama dengan orang yang tengah batuk atau bersin bisa membantu menghindari penularan penyakit. Pastikan untuk jaga jarak setidaknya 1 meter. Untuk menghindari penularan virus, disarankan untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah jika tidak penting.Bagi yang tengah batuk atau bersin, pastikan untuk mengetahui etika batuk di tempat umum. Saat sedang batuk dan harus keluar rumah, selalu gunakan masker. 

Biasakan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk, setelah itu buang tisu bekas batuk atau bersin ke tempat sampah. Selalu cuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap habis batuk. Kamu bisa memanfaatkan cairan berbasis alkohol alias hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Jangan Sering Menyentuh Wajah 

Salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi “sarang” virus adalah telapak tangan. Maka dari itu, disarankan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut terlalu sering. Sebab, hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung, atau mulut yang kemudian masuk ke dalam tubuh dan membuat sakit. 

Ke Dokter saat Muncul Gejala 

Segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala, seperti demam, batuk, serta kesulitan bernapas. Pemerintah Indonesia sudah menunjuk sejumlah rumah sakit rujukan Corona. 

Dengan tips dari WHO tersebut, masyarakat diharap tidak gampang terserang virus Corona (Covid-19) jika disiplin dalam menerapkannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES