Gaya Hidup

Tips Sehat Buat Kue Rendah Gula untuk Hari Raya Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 - 04:29 | 64.91k
ILUSTRASI - Aneka Kue Kering. (FOTO: doktersehat.com)
ILUSTRASI - Aneka Kue Kering. (FOTO: doktersehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kue kering khas Lebaran seperti nastar, kue salju, hingga kastengel selalu menjadi camilan favorit. Tapi ini jadi masalah bagi pasien diabetes, di mana makanan manis bisa meningkatkan gula darah sehingga membuat penyakit mereka kambuh. Anda takut diabetes kambuh? Tenang, ada tips sehat membuat kue rendah gula yang aman untuk diabetes.

Jadi buat para pembuat kue, kita harus tahu nih panduan membuat kue rendah gula untuk pasien dibetes. Lalu, bagaimana cara membuat kue rendah gula untuk pasien diabetes?

1. Pencampuran tepung

Campur bahan tepung dengan tepung terigu untuk membuat kue untuk diabetes yang lebih sehat. Tepung terigu bisa juga menggunakan tepung gandum.

2. Gantikan gula dengan pemanis lain

Membuat kue untuk diabetes bisa dilakukan jika bahan gula diganti dengan pemanis lain, seperti pemanis alami dari ekstrak tanaman atau yang pemanis yang di anjurkan dokter.

Rasanya lebih manis daripada gula, tetapi tidak berkontribusi pada peningkatan gula darah.

3. Gantikan mentega

Tindakan lain yang diambil untuk membuat kue untuk diabetes lebih sehat adalah mengganti mentega dengan versi yang lebih sehat.

Caranya bisa menggunakan mentega khusus untuk orang diabetes.

Anda bisa mendapatkannya dengan mencampurkan margarin rendah lemak atau minyak canola (atau juga vegetable oil), ke dalam campuran sehingga kandungan lemaknya bisa dikurangi.

4. Tambahkan buah

Salah satu asupan penting yang harus dipenuhi oleh penderita diabetes adalah serat. Untuk menambahkan asupan serat ke kue, Anda dapat mencoba menambahkan beberapa jenis buah saat membuat kue kering, seperti buah berry, kelapa, atau buah kering rendah gula.

"Hanya saja, meski dianggap lebih sehat, dan ingat jangan mengkonsumsi secara berlebihan, nanti gula darah nya naik lagi," pungkas Chef Bahran.

Demikian tips sehat membuat kue rendah gula untuk dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Kue ini sangat direkomendasikan khususnya bagi pasien diabetes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Adhitya Hendra

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES