Tekno

WhatsApp Kembangkan Messenger Rooms Buat Video Call Berjamaah

Minggu, 24 Mei 2020 - 16:24 | 44.45k
Fitur baru Messenger Room, bisa membuat pengguna WhatsApp melakukan panggilan ke 50 pengunaa secara bersamaan. (FOTO: WABeta)
Fitur baru Messenger Room, bisa membuat pengguna WhatsApp melakukan panggilan ke 50 pengunaa secara bersamaan. (FOTO: WABeta)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFacebook bakal ikut bergabung menghadirkan aplikasi meeting digital, melalui fitur Messenger Rooms.  Mark Zuckerberg menjanjikan fitur ini akan dihubungkan ke WhatsApp dan juga Instagram.

Layanan yang diperkenalkan akhir April 2020 ini, diprediksi bakal menggantikan popularitas Zoom, karena bisa menampung hingga 50 peserta video call

Menurut informasi dari situs WA Beta Info, fitur anyar WhatsApp, melaporkan bahwa Messenger Rooms mulai diuji coba dihubungkan dengan aplikasi WhatsApp Android. Pengguna WhatsApp punya akses untuk telekonferensi hingga 50 orang.

Fitur-baru-Messengger-Room-2.jpg

Para pengguna WhatsApp Android versi beta 2.20.163, mendapati ikon Messenger Rooms. Ikon itu muncul ketika mengetuk ikon "lampirkan" yang ada di sisi kanan kolom pesan. Ikon Messenger Room dengan gambar kamera dan ikon "rantai" di tengah, menggantikan posisi ikon "kamera" di WhatsApp versi sebelumnya.

Namun saat ini, fitur Messenger Rooms baru digulirkan di beberapa negara, salah satunya adalah AS. Messenger Rooms juga kabarnya juga sudah diuji coba di aplikasi WhatsApp web versi 2.2019.6. Fitur ini kemungkinan juga akan segera hadir pada pengguna beta versi iOS. Perlu diingat lagi bahwa fitur ini belum bergulir untuk publik secara resmi.

Belum diketahui kapan Messenger Rooms bisa diakses semua pengguna WhatsApp. Kendati digadang akan menggeser popularitas Zoom, sejatinya dua fitur ini memiliki tujuan berbeda.

Zoom, seperti layanan telekonferensi lain, yakni Google Meet atau Skype, lebih ditujukan untuk kalangan profesional. Sementara Messenger Rooms lebih ditujukan untuk panggilan video berbasis sosial.

Apabila fitur Messenger Rooms ini sudah bergulir secara resmi, pengguna WhatsApp bisa membagikan tautan Rooms dan mengundang peserta lain, tanpa harus memiliki akun Messenger. Pengguna kemudian akan diarahkan menuju Messenger untuk melakukan panggilan video bersama-sama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES