Tekno Lebaran 2020

Temukan Jutaan Resep Makanan untuk Menu Lebaran Lewat Aplikasi Ini

Minggu, 24 Mei 2020 - 06:24 | 86.85k
Beragam resep yang bisa dicoba dari berbagai aplikasi resep. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Beragam resep yang bisa dicoba dari berbagai aplikasi resep. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
FOKUS

Lebaran 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perayaan Hari Raya Idul Fitri 2020 ini tentu berbeda, karena adanya pandemi Covid-19. Meski demikian, berbagai aktivitas dan berkreasi tetap bisa dilakukan di rumah. Salah satunya, memasak beragam menu lebaran.

Bagi para pembaca TIMES Indonesia yang bingung dengan masakan yang nikmat saat lebaran bisa membuka sejumlah resep yang tersedia di aplikasi-aplikasi yang menyediakan berbagai resep makanan dan minuman.

Cukup ketikan kata kunci resep yang Anda cari, maka resep akan muncul dan Anda bisa mempraktekkan cara membuatnya sehingga dapat menjadikan hidangan spesial saat Hari Raya Idul Fitri 2020.

Sebagai rekomendasi, tim TIMES Indonesia memiliki merangkum 4 aplikasi resep makanan dan minuman, sebagai berikut.

1. Cookpad

Resep yang disajikan di aplikasi ini tergolong lengkap, karena menampilkan resep kuliner untuk hidangan sehari-hari hingga resep kuliner khas Hari Raya Idul Fitri seperti opor ayam, ketupat sayur. Aplikasi Cookpad mengklaim ada lebih dari 1,5 juta aneka resep yang ada di platformnya.

Cookpad sendiri cocok bagi para pemula yang sedang belajar masak dan ingin mencoba resep kuliner yang sedang tren di masyarakat. Bagi yang tertarik bisa mengakses melalui aplikasi mobile yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Selain itu, juga bisa diakses melalui browser dengan mengunjungi situs resminya.

2. Yummy

Berbeda dengan Cookpad yang bisa diakses via aplikasi mobile dan browser, Yummy hanya bisa diakses melalui aplikasi mobile saja. Aplikasi ini memiliki beragam fitur mulai dari, Memasak, Komunitas, dan Filter Harga.

Salah satu fiturnya, fitur Memasak, pengguna bisa memasuk bahan masakan yang sedang dipunyai dirumah. Nantinya, Yummy akan merekomendasikan resep masakan yang sesuai dengan bahan yang dimiliki pengguna.

Bagi pengguna yang suka berdiskusi bisa memanfaatkan pengguna bisa membagikan resep yang dimiliki dan akan mendapatkan uang tambahan jika resep yang di-upload disukai oleh banyak pengguna lainnya. Sedangkan, fitur filter Harga, fitur ini akan memberikan rekomendasi resep yang mudah dipraktekkan dengan berdasarkan budget yang pengguna miliki.

3. Endeus

Aplikasi ini memiliki lebih dari 1.000 koleksi resep masakan, Endeus menghadirkan tutorial memasak dalam dua pilihan yakni bentuk teks dan video. Endues sendiri dapat diakses melalui aplikasi mobile Android dan iOS, atau web browser.

Aplikasi ini memiliki beberapa kategori resep masakan di antaranya resep #dirumahaja, resep serba ikan, resep serba tempe, dan lainnya. Fitur yang menarik dari Edeus ini juga menyajikan resep-resep masakan yang ditujukan untuk anak-anak melalui kanal khusus yang bernama Endeus Junior.

4. Tasty

Aplikasi Tasty ini menghadirkan resep-resep masakan (teks atau video) dalam bahasa Inggris. Hal itu lantaran pengembang aplikasi ini belum melakukan lokalisasi ke bahasa Indonesia.

Pada platform Tasty, banyak masakan modern yang cocok buat Anda yang ingin mencoba membuat masakan khas yang ada di luar negeri. Resep masakan di Tasty bisa diakses melalui aplikasi mobile (Android dan iOS) atau web browser.

Aplikasi ini memiliki fitur fitur rekomendasi masakan berdasarkan waktu (perayaan), fitur personalisasi seperti khusus masakan vegetarian, fitur simpan resep dan lainnya.

Di sisi lain, aplikasi ini bisa dibilang sudah memiliki jumlah pengguna yang banyak. Di Play Store, tercatat sudah ada lebih dari 5 juta unduhan. Sedangkan di App Store, aplikasi ini berada di peringkat ke 27 untuk kategori aplikasi Makanan dan Minuman.

Tasty sendiri juga mempunyai kanal di platform YouTube yang berisi tips dan trik dalam memasak.

Aplikasi-aplikasi ini pun menjadi salah satu aplikasi yang layak digunakan bagi, para pembaca TIMES Indonesia yang ingin menemukan resep untuk berkreasi menu lebaran di Hari Raya Idul Fitri 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES