Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Mendes PDTT RI: BLT-DD Per Hari Ini Sudah Cair ke 56.993 Rekening Kas Desa

Jumat, 22 Mei 2020 - 15:45 | 18.03k
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. (foto: Humas Kemendes PDTT)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. (foto: Humas Kemendes PDTT)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar RI (Mendes PDTT RI), menyampaikan bahwa per hari ini, Jumat (22/5/2020) BLT Dana Desa (BLT-DD) sudah cair di 56.993 rekening Kas Desa (RKD).

Hal ini disampaikan langsung oleh Gus Menteri sapaan akrabnya, saat mengelar konferensi pers virtual di kantor Kemendes PDTT, Jakarta.

Menurut Gus Halim, penyaluran BLT saat ini terus berlanjut. Para pemerintah desa bekerjasama dengan petugas covid-19 bentukan Kemendes PDTT terus melakukan pendataan dan pendistribusian BLT.

"Artinya penyerapan dana desa mencapai 76 persen dari target yang sebanyak 74.953 desa. Kami dari pusat hanya melalui pemantauan dan pendampingan bagaimana BLT ini tepat sasaran dan benar-benar sampai kepada masyarakat," katanya di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Dia menambahkan bahwa setelah BLT Dana Desa itu cair secara bertahap ke kas desa. Maka satu hari kemudian, Dana Desa tersebut disalurkan ke masyarakat di setiap daerah. Kata dia, saat ini desa yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa Desa sebanyak 37.012 desa. Jumlah tersebut 65 persen dari 56.993 desa.

menteri PDTT RI juga menuturkan, desa yang sudah musdes khusus dan telah menetapkan calon KPM, namun belum menyalurkan BLT DD sebanyak 19.981 desa. Jumlah itu 35 dari 56.993 desa se- Indonesia.

"Saat ini dari data yang kami terima masih terdapat 3,8 juta keluarga miskin penerima manfaat BLT-DD. Sedangkan total dana desa yang telah disalurkan untuk BLT-DD sebesar Rp 2,28 triliun. Ini tentu menjadi kabar baik bagi setiap masyarakat di desa. Semoga pengalaman penyaluran BLT-DD tahap pertama ini bisa menjadi data rujukan pada periode pencaian tahap kedua," kata Menteri PDTT RI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES