Peristiwa Nasional

Wamenag RI Minta Umat Islam Takbir di Rumah Saja

Jumat, 22 Mei 2020 - 14:44 | 23.57k
Wakil Menteri Agama (Wamenag RI) Zainut Tauhid Sa'adi. (FOTO: Okezone).
Wakil Menteri Agama (Wamenag RI) Zainut Tauhid Sa'adi. (FOTO: Okezone).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Menteri Agama (Wamenag RI) Zainut Tauhid Sa'adi menganjurkan masyarakat untuk mengisi malam menjelang Idul Fitri 1441 H dengan mengumandangkan takbir. Ia menganjurkan agar umat Islam takbir di rumah masing-masing.

"Pada situasi normal takbiran bisa dilaksanakan secara bersama-sama baik di masjid, musala atau berkeliling dengan mobil atau kendaraan lainnya. Namun di saat terjadi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kami menganjurkan untuk dilaksanakan di rumahnya masing-masing demi menjaga keselamatan jiwa kita semuanya," ujar Zainut dalam keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020).

Di sisi lain, Wamenag Zainut pun menyerukan agar gema takbir Idul Fitri 1441 H tetap dikumandangkan di masjid. Untuk itu, ia memperbolehkan 1-2 orang datang ke masjid untuk bertakbir.

"Gema takbir di masjid, mushala dan surau harus tetap dikumandangkan untuk menjaga syiar agama, tetapi hanya dilakukan oleh 1 atau 2 orang saja," ucapnya.

Adapun, anjuran pembacaan takbir ini berlandaskan pada perintah Allah SWT yang tertuang dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 185 dan tertuang dalam hadis.

"Ayat ini menjelaskan, ketika orang sudah selesai menjalankan ibadah puasa Ramadlan, maka disyariatkan untuk mengagungkan Allah dengan bertakbir. Atas dasar ayat tersebut, sebagian ulama membolehkan takbiran di masjid, mushala dan tempat-tempat lainnya," jelasnya.

"Menggemakan takbir pada malam Idul Fitri merupakan salah satu amalan menghidupkan hari raya dan termasuk amalan istimewa sebagai penyempurna ibadah Ramadan. Hal ini tertuang dalam hadist," tambah Zainut.

Zainut juga kembali mengimbau kepada seluruh umat muslim agar tetap melaksanakan ibadah salat Id di rumah masing-masing. Hal ini demi melindungi masyarakat dari pandemi Corona.

"Dan sekali lagi kami mengajak kepada kaum muslimin semuanya untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga, demi menjaga keselamatan jiwa kita semuanya," jelasnya

"Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir batin dan semoga Allah SWT merahmati dan meridhoi kita semuanya," tandas Wamenag RI, Zainut Tauhid Sa'adi menyarankan umat Islam untuk mengisi malam menjelang Idul Fitri 1441 H dengan mengumandangkan takbir di rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES