Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Pasien Tak Jujur di Majalengka, Kini Diisolasi Sesuai Protokol Covid-19

Jumat, 22 Mei 2020 - 14:06 | 116.72k
Gedung RSUD Cideres. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Gedung RSUD Cideres. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Seorang pasien berjenis kelamin perempuan di RSUD Cideres, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat tidak jujur mengutarakan penyakit yang dideritanya sehingga ia dirawat di ruang biasa.

Termasuk riwayat perjalanan sebelumnya. Hal itu baru terungkap setelah yang bersangkutan diperiksa lebih lanjut oleh dokter rumah sakit setempat, yang menemukan kejanggalan.

Setelah dilakukan rapid test atau tes cepat untuk mendeteksi dini Covid-19, ternyata hasil pasien itu reaktif. Sehingga yang bersangkutan harus diisolasi ke ruangan sesuai dengan Protap Covid-19.

Padahal beberapa hari sebelumnya, ia dirawat di ruang biasa dengan keluhan penyakit sesak napas. Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Penangangan Percepatan Covid-19, RSUD Cideres, dr. Egga Bramasta Akidapi, dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (22/5/2020)

Menurutnya, hasil rapid test pasien ini akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Swab atau PCR yang kini akan segera diajukan ke Labkesda Provinsi Jawa Barat.

Namun, hasil ini baru akan keluar kurang lebih satu pekan lamanya. Mengingat yang memeriksakan swab itu banyak hingga harus antri dengan pasien dari daerah lainnya.

"Kalau misal hasil swab pasien itu positif, baru kita akan melakukan tracing dan isolasi terhadap perawat yang pernah kontak denganya. Kalau negatif berarti kita aman, tidak diperlukan tindak lanjut lainnya," tuturnya.  

Dia menambahkan, pasien warga Majalengka itu baru berkata jujur, kalau ia sebelumnya pernah berada di zona merah (Bandung). Sedangkan tracing terhadap perawat itu hanya sebagai bahan antisipasi. Barangkali hasil swabnya pasien itu positif.

"Sampai detik ini saya bersumpah belum menerima hasil swab itu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera turun dan hasilnya negatif," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES