Peristiwa Daerah Stop Mudik 2020

Gardu Palimanan Tol Cipali Terpantau Sepi, Minim Jumlah Kendaraan

Jumat, 22 Mei 2020 - 11:00 | 53.31k
Kondisi Tol Cipali di GT Palimanan (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)
Kondisi Tol Cipali di GT Palimanan (Foto: Devteo MP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Stop Mudik 2020

TIMESINDONESIA, CIREBON – Pantauan lalu lintas di Astra Tol Cipali tepatnya di Gardu Tol Palimanan Cirebon, Jawa Barat pada Jum'at (22/5/2020), kondisi lancar dan aman. Semenjak diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta larangan mudik oleh pemerintah, lalu lintas ASTRA Tol Cipali terpantau lenggang dan aman.

Sampai dengan H-3 Lebaran arus lalu lintas di sepanjang ruas Tol Cipali tidak terlalu ramai. Nampak berbading terbalik dengan pemandangan di ruas jalan pantura yang sudah dipadati oleh kendaraan pemudik didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Untuk volume kendaraan yang melintas saat ini berkisar di 25 ribuan kendaraan di ruas tol Cipali, biasanya volume kendaraan mencapai 40 ribuan kendaraan berdasarkan lalu lintas harian normal," ujar General Manager Operasional, Suyitno, Jumat (22/5/2020).

Dalam rangka penerapan larangan mudik dilakukan pos Penyekatan di beberapa tempat seperti di Gerbang Tol Palimanan oleh kepolisian dan pihak terkait lainnya sebagai upaya mencegah pandemi Covid-19.

"Kami juga selalu memberikan informasi kepada pengguna jalan untuk tetap menjaga jarak minimal 1 meter saat berada di publik area, serta menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan tetap menggunakan masker," ungkapnya.

Selain itu juga saat berada di ruas tol Cipali, dirinya menekankan agar bisa menjaga kondisi kesehatan dan kendaraannya dengan memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 Km/jam dan maks 100 Km/jam, karena kecepatan kendaraan Anda dipantau oleh CCTV selama 24 jam.

"Bila telah lelah atau mengantuk atau telah mengemudi selama 4 jam dapat beristirahat di rest area yang ada," tegasnya.

Pengguna jalan juga diharapkan mengecek dan mengisi saldo uang elektronik sebelum memasuki ruas tol agar tidak terjadi kurang saldo saat bertransaksi di gardu.

"Berkendara dengan sopan dan tertib dengan menggunakan lajur kiri, jika ingin mendahului gunakan lajur kanan dan tidak boleh berhenti di bahu jalan," bebernya.

Dirinya mengimbau agar para pengendara di Tol Cipali diharapkan untuk selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilaluinya agar perjalanan nyaman. "Perhatikan juga hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalu lintas, dan bila perlu pasang aplikasi googlemaps/waze untuk mengetahui posisi," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES