Indonesia Positif

Jelang Akhir Ramadhan, Ini Pesan Ketua Muhammadiyah Jember kepada Umat Islam

Kamis, 21 Mei 2020 - 22:06 | 62.23k
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember Kusno dalam podcast Ramadhan di channel YouTube Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember), Rabu (20/5/2020). (Foto: Humas UM Jember)
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember Kusno dalam podcast Ramadhan di channel YouTube Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember), Rabu (20/5/2020). (Foto: Humas UM Jember)

TIMESINDONESIA, JEMBER – “Perjalanan ibadah puasa kita sudah berada di ujung, maka sebaiknya kita harus bermusahabah diri," ucap Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember Kusno dalam podcast Ramadhan di channel YouTube Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember), Rabu (20/5/2020). 

Kusno mengajak umat Islam untuk merenung untuk memikirkan seberapa banyak amalan mulia yang telah dikerjakan selama bulan Ramadhan dibandingkan hari-hari biasa.

"Seperti perintah wajib puasa yang sudah tertuang dalam QS Al Baqarah ayat 183 yang artinya 'Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian shaum sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa'," terangnya.

Dia menjelaskan bahwa bertakwa sendiri pada hakekatnya yakni kondisi jiwa manusia sebagaimana yang baru diciptakan oleh Allah SWT. 

“Karena sesungguhnya manusia diciptakan dalam keadaan fitrah, suci, bersih, tidak bernoda dalam urusan dengan tuhannya maupun dengan sesama," ujarnya.

Karena itu, menurutnya menjadi tugas manusia yang memiliki kesadaran dan pengetahuan untuk bisa menjaga kesucian dan kehormatan dirinya.

Caranya yaitu dengan meluruskan pandangan dan pemikirannya kepada agama Allah SWT.

Kusno menjelaskan bahwa agama Islam yang diturunkan Allah adalah anugrah dan karunia yang luar biasa untuk menjaga umat manusia dalam kesucian, kebersihan, kemuliaan, dan kebahagiaan dunia maupun akhirat. 

Ketulusan di dalam menjalankan agama Islam adalah cara untuk menjaga diri agar tidak terperosok dalam keburukan atau nafsu.

“Tak hanya itu, ketulusan dalam menjalankan agama Islam juga akan menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama," tuturnya.

Terakhir, Kusno menjelaskan bahwa ketika seorang mukmin menjalankan ibadah dengan maksimal di bulan Ramadhan, maka akan mendapatkan kejernihan hati dan kedamaian jiwa sebagai sosok baru yang kembali ke fitrah. 

“Jika hati dan jiwa sudah bersih maka setiap mengerjakan hal baik hati kita akan merasa tenang sampai kembali ke hadapan-Nya," tutup Kusno dalam podcast Ramadhan di channel YouTube Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES