Peristiwa Nasional

Calon Penumpang Bandara Soetta Jangan Coba-Coba Palsukan Dokumen Sehat

Kamis, 21 Mei 2020 - 20:02 | 18.57k
Kondisi Bandara Soetta. (Foto okezone)
Kondisi Bandara Soetta. (Foto okezone)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon penumpang Bandara Soekarno Hatta (Soetta) diimbau untuk tidak memalsukan surat keterangan sehat dan dokumen lainnya yang diwajibkan. Hal ini dikarenakan banyak prosedur yang harus dilalui.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno Hatta Anas Ma'ruf mengatakan, pihaknya akan memeriksa secara rinci dokumen sebelum penumpang melakukan perjalanan.

"Agar bisa menjamin kesehatan dalam penerbangan dipastikan bahwa ketika datang ke bandara sudah membawa dokumen yang lengkap. Seperti dokumen perjalanan, dokumen kesehatan dan identitas diri," ujar dia pada telekonfrensi di BNPB, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Kemudian, lanjut Anas Ma'ruf, pemeriksaan dokumen semakin diperketat dengan adanya beberapa isu pemalsuan. Pihaknya juga pun melakukan langkah antisipasi dengan memvalidasi dokumen bahkan tidak ragu melakukan konfirmasi terhadap fasilitas kesehatan jika ditemukan kejanggalan.

"Jadi kami konsentrasinya mengecek kesehatannya. Cek betul, kita validasi, dan kalau memang meragukan, kita bisa melakukan kroscek kepada yang bersangkutan maupun kepada fasilitas kesehatan yang menerbitkannya," ungkapnya.

Anas Ma'ruf juga mengajak kepada calon penumpang pesawat tidak melakukan hal-hal curang. Pasalnya, dalam masa pandemi virus Corona ini pengetatan pemeriksaan di bandara dilakukan untuk menekan penyebaran.

"Artinya jangan sampai kemudian menggunakan surat keterangan palsu, baik itu surat keterangan kesehatan maupun hasil tes cepatnya. Karena ini kita bersama-sama bertanggung jawab," tandas Anas Ma'ruf, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Bandara Soetta.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES