Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Petugas Medis Menjadi Pasien Positif Corona Ke-28 di Bangkalan

Kamis, 21 Mei 2020 - 22:39 | 52.77k
Peta sebaran Covid-19 Kabupaten Bangkalan. (FOTO: Humas Protokol Pemkab Bangkalan)
Peta sebaran Covid-19 Kabupaten Bangkalan. (FOTO: Humas Protokol Pemkab Bangkalan)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Perkembangan kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur terus mengalami peningkatan. Seorang tenaga medis menjadi pasien ke-28 yang terkonfirmasi positif virus Corona.

"Inisialnya Ny RN (28) asal Kota Bangkalan. Ia petugas medis di salah satu rumah sakit di Surabaya," ungkap Juru Bicara Humas Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan Agus Zein, Kamis (21/5/2020) malam. 

Menurutnya, pasien ke-28 ini tinggal di Surabaya, tetapi sesekali pulang ke Bangkalan. Sebelum dinyatakan positif Covid-19, RN bersama keluarga pulang ke Bangkalan pada 12 Mei 2020.

"Keesokan harinya, RN melakukan rapid test di RS Lukas dengan hasil reaktif dan langsung pulang ke Surabaya," imbuh Agus Zein.

RN melakukan Swab/PCR  ke RS Unair Surabaya pada 14 Mei 2020. Selanjutnya ia melakukan isolasi mandiri di rumahnya di Surabaya. 

"Hari ini hasil Swab/PCR atas nama RN menyatakan positif," jelasnya.

Selain RN, Humas Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan juga merilis pasien ke-27 positif Covid-19. Yakni Ny H (56) asal Desa Lebak Barat Kecamatan Sepulu. Ia disebutkan pada awalnya mengalami keluhan panas dingin.

"Ia memeriksakan diri ke RS Adi Husada Surabaya sebagai rumah sakit tujuan setiap kali merasa sakit," katanya. 

Agus memaparkan, dokter menyarankan agar Ny H menjalani rawat inap selama enam hari. Tetapi ia minta pulang paksa 16 Mei 2020. 

Pada tanggal 19 Mei 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan mendapatkan laporan dari Dinkes DKK Surabaya yang menjelaskan bahwa Ny H pasien pulang paksa dari RS Adi Husada Surabaya. 

"Setelah terkonfirmasi berdasarkan laboratorium Covid-19, keesokan harinya pada 21 Mei Ny H dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan oleh petugas Puskesmas Kecamatan Sepulu," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES