Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Cegah Covid-19, UPT Damkar Kuningan Telah Semprot 800.000 Liter Disinfektan

Kamis, 21 Mei 2020 - 22:12 | 33.17k
Kegiatan penyemprotan disinfektan oleh UPT Damkar Satpol-PP Kabupaten Kuningan. (Foto: UPT Damkar Satpol-PP Kuningan For TIMES Indonesia)
Kegiatan penyemprotan disinfektan oleh UPT Damkar Satpol-PP Kabupaten Kuningan. (Foto: UPT Damkar Satpol-PP Kuningan For TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, KUNINGAN – Selama masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) UPT Damkar Satpol-PP Kabupaten Kuningan telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebanyak kurang lebih 800.000 liter.

Dengan alokasi untuk 130 desa, 15 pasar, 101 masjid/mushola, 122 jalan lingkungan, 86 kantor pemerintahan, dan 144 bangunan pendidikan.

Damkar-Kuningan-2.jpg

"Penyemprotan dilakukan mulai dari 23 Maret 2020 sampai 21 Mei 2020. Kegiatan tersebut dilakukan bersama tim gugus Tugas Penangangan Covid-19 Kuningan," kata Kepala UPT Damkar Satpol-PP Mh. Khadafi Mufti kepada TIMES Indonesia, Kamis (21/05/2020).

Dikatakan Khadafi, penyemprotan tersebut kemungkinan terus bertambah seiring dengan banyaknya permohonan dari desa, perumahan warga, dan tempat peribadatan lainnya.

Penyemprotan pun dilakukan mulai dari waktu pagi, siang, dan sore hari. Kalau disinfektan disemprotkan malam hari, terang Khadafi kurang bagus dan itu pun kalau ada pasien PDP/ ODP ataupun yang meninggal langsung bergerak sesuai titik lokasi yang ditentukan.

"Hal ini termasuk melayani permintaan masyarakat, dan juga perintah langsung dari Bupati Kuningan. Dengan menurunkan anggota semuanya berjumlah 28 orang, 1 hari piket sebanyak 7 orang per regunya," terangnya.

Damkar-Kuningan-3.jpg

Jadi, jelas Khadafi, kalau ada yang bentrok kegiatannya pihaknya memanggil anggota regu cadangan yang sudah lepas piket. Belum lagi, imbuhnya, anggaran yang sangat kecil sekali untuk pemadam kebakaran.

"Selain harus konsen terhadap tugas kebakaran, pemusnahan sarang tawon, pohon tumbang, longsor, banjir, retribusi apar sekarang di tambah tugas untuk tim penyemprotan disinfektan," ungkapnya.

Dia berharap, masyarakat harus ikut berperan aktif melawan penyebaran Covid-19. Apabila terkena gejala dengan ciri-ciri corona, agar jujur dan segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh pemerintah kabupaten.

"Apabila dibiarkan atau tidak dilakukan pencegahan. Dikhawatirkan penyebaran Corona yang membahayakan masyarakat kuningan," jelas Khadafi, Kepala UPT Damkar Satpol-PP. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES