Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Menteri Sosial Salurkan Bantuan Sosial Tunai di Kota Surakarta

Kamis, 21 Mei 2020 - 21:20 | 49.03k
Menteri Sosial, Juliari Batubara didampingi Wali kota FX. Hadi Rudyatmo menyaksikan pembagian BST di Solo, Kamis (21/5/2020). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)
Menteri Sosial, Juliari Batubara didampingi Wali kota FX. Hadi Rudyatmo menyaksikan pembagian BST di Solo, Kamis (21/5/2020). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SOLOMenteri Sosial RI (Mensos RI) Juliari P. Batubara melakukan kunjungan kerja ke Kota Solo, Kamis (21/5/2020). Kehadiran Mensos RI di Kota Solo itu untuk meninjau pelaksanaan sekaligus menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Surakarta.

Dalam kesempatan itu, Mensos Juliari P. Batubara didampingi Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo dan Wawali Surakarta, Achmad Purnomo.

Dalam laporannya, Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo menyatakan, pembagian BST hari ini selain di Kelurahan Jagalan juga dilakukan di 8 kelurahan di Kota Solo dengan menggunakan protokol kesehatan.

Rudy menjelaskan, pembagian BST ini menjadi tiupan nafas baru bagi warga untuk menambah modal usaha yang kemarin sempat berhenti. Dengan Rp 600 ribu bisa untuk menyambung hidup.

‘’Tidak boleh dipakai beli pulsa, tidak boleh untuk beli rokok, digunakan untuk hal-hal bermanfaat. Bagi yang dagang bisa ditambah sebagai modal,’’ tegas Rudy.

Diakui Rudy, terjadi kesalahan teknis pada saat pembagian BST di salah satu kelurahan di Serengan sehingga mengakibatkan penumpukan penerima BST.

‘’Saya blak-blakan saja. Saya ditanya, pak Serengan kok begitu. Kemarin ada kesalahan teknis, ada keterlambatan waktu sehingga jam 8 mestinya sudah melaksanakan proses. Jam 8.30 baru proses. Jadi yang diundang tidak bisa diralat, yang diundang datang jam 9. Sehingga menumpuk antrean,’’ ujar Rudy.

Sementara itu, Juliari Batubara mengatakan kehadirannya di Kota Solo untuk melihat langsung penyaluran BST yang inisiatifnya berasal dari Presiden Joko Widodo.

‘’Hampir tiap hari telpon saya, bertanya ke saya, ‘Pak Mensos apakah uangnya sudah dibagi-bagikan? Apakah sembakonya sudah dibagi-bagikan?’. Kelihatannya pertanyaan simpel tapi seringkali sulit  dijawab. Begitu masifnya kita berikan seluruh Indonesia, Pak Wali juga cerita ada program (sembako) dari pemkot,’’ ucap mensos.

Menurutnya, pemberian BST ini merupakan wujud kehadiran negara saat terjadi pandemi Covid-19 yang telah merubah hidup masyarakat. Pemandangan seperti membawa hand sanitizer, masker, jaga jarak, cuci tangan.

Mensos menambahkan, pemerintah akan mempercepat penyaluran BST bersama PT Pos Indonesia. Sehingga bisa fokus membantu masyarakat yang mengalami karena kondisi sangat sulit seperti yang terlihat di lapangan.

‘’Kita yakin bangsa Indonesia terkenal dengan gotong royong. Setiap musuh kita hadapi secara bergotong royong. (virus corona) ini musuh juga tapi tidak kelihatan,’’ tegas Menteri Sosial RI saat memantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Surakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Solo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES