Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Diduga Terpapar Covid-19, 158 KK Desa Waru Sidoarjo Jalani Isolasi Mandiri

Selasa, 19 Mei 2020 - 13:48 | 72.35k
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji saat memantau warga di tiga RT dalam RW 12 Desa di Waru. (foto: Humas Polresta Sidoarjo)
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji saat memantau warga di tiga RT dalam RW 12 Desa di Waru. (foto: Humas Polresta Sidoarjo)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Sebanyak 509 orang yang terbagi dalam 158 Kepala Keluarga di tiga RT di RW 12 Desa Waru, Sidoarjo, Jawa Timur saat ini jalani isolasi mandiri guna mencegah penyebarluasan Covid-19.

Isolasi mandiri dilakukan karena sebelumnya di desa tersebut terdapat 15 orang yang dinyatakan positif Covid-19, meninggal dunia 2 orang dan PDP 16 orang. Yang sebelumnya beberapa dari mereka mengikuti acara tahlilan, hingga mengakibatkan ada yang terjangkit Virus Corona.

Kapolresta-Sidoarjo-b.jpg

Kemarin  Senin (18/5/2020) pagi sampai siang hari, dilakukan rapid test sebanyak 286 orang warga di tiga RT dalam RW 12 Desa Waru. Hasilnya 44 orang diantaranya reaktif.

"Berdasar perkembangan penyebaran Covid-19 yang begitu cepat di wilayah ini, maka Pemkab Sidoarjo bersama instansi terkait memberlakukan isolasi mandiri bagi warga," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji saat dihubungi jurnalis, Selasa (19/5/2020)

Kapolresta Sidoarjo menambahkan jika pihaknya juga sudah memasang banner di setiap rumah warga yang terpapar Covid-19 bertuliskan sedang melaksanakan isolasi mandiri yang bertuliskan "Bantu kami saat membutuhkan agar tidak keluar rumah. Serta Doakan kami agar cepat sehat kembali"

Kapolresta-Sidoarjo-c.jpg

Dari upaya ini, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji berharap tahapan isolasi mandiri ditaati warga setempat, serta juga adanya upaya saling mendukung atau gotong royong masyarakat kepada warga yang terdampak Covid-19.

Pemerintah juga menyediakan sentra pangan RT/RW patuh di RW 12 Desa Waru ini. Terbuka bagi siapa saja yang ingin membantu bahan makanan atau bantuan lainnya, untuk diberikan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. "Pos check point juga telah didirikan di akses keluar masuk desa. Jadi warga harus melalui pemeriksaan lengkap serta diterapkannya protokol kesehatan, seperti diwajibkan cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, hingga penyemprotan cairan disinfektan di pos ini," tegas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Sidoarjo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES