Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Satu Warga Sumba Timur Positif Covid-19, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan

Kamis, 14 Mei 2020 - 08:14 | 48.22k
Kadis Kesehatan Kabupaten Sumba Timur NTT Dr. Chrisnawan Tri Haryantana dalam jumpa pers di aula Dinas Kesehatan Sumba Timur(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Kadis Kesehatan Kabupaten Sumba Timur NTT Dr. Chrisnawan Tri Haryantana dalam jumpa pers di aula Dinas Kesehatan Sumba Timur(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Seorang warga Kabupaten Sumba Timur, NTT dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Dr Chrisnawan Tri Haryantana dalam jumpa pers, Rabu (13/5/2020) malam di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur.

Ia menjelaskan, sampai dengan 13 Mei 2020 Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di NTT mencatat terjadi penambahan kasus positif di NTT sebanyak 30 kasus termasuk satu kasus positif warga berasal dari Kabupaten Sumba Timur.

Beberapa hari lalu, pihaknya sudah melakukan pengambilan dan pengiriman sampel. Tahap pertama pemeriksaan PCR hasilnya negatif, dan tahap kedua di mana 10 sampel swab dikirim pada 29 April 2020 ke Litbangkes Kemenkes RI di Jakarta, terdiri dari PDP, ODP dan OTG.

"Dan kami menerima hasilnya hari ini Rabu (13/5/2020) yakni 1 positif Covid-19 dan yang 9 dinyatakan negatif," ungkapnya.

Menurut Chrisnawan, kasus positif Covid-19 pertama di Kabupaten Sumba Timur adalah ODP yang merupakan klaster Jakarta STT Grogol dan tiba di Waingapu pada 24 April 2020 lalu. Saat itu dilakukan screening dan rapid test dengan hasil reaktif positif.

"Maka yang bersangkutan langsung dikirim ke RSUD Umbu Rara Meha untuk dilakukan protokol isolasi," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, NTT menambahkan, pihaknya melaporkan kondisi yang bersangkutan hingga saat ini masih dalam keadaan baik, bahkan konfirmasi dari RSUD dikatakan yang bersangkutan setelah rapid test Covid-19 tidak mempunyai keluhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES