Kopi TIMES

Upgrade Kehidupan di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 13 Mei 2020 - 08:59 | 103.55k
Ana Nuril A, S.T., M.T Direktur Politeknik Unisma Malang
Ana Nuril A, S.T., M.T Direktur Politeknik Unisma Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Seluruh aspek kehidupan yang bersifat global saat ini mengalami dampak yang luar biasa akibat Pandemi Covid-19. Awalnya adalah aspek kesehatan dan ekonomi, namun kemudian meluas pada aspek pemerintahan, keagamaan, pangan dan pendidikan.  

Dengan terus bertambahnya dampak pasien akibat Covid-19 saat ini, apalagi masa Pandemi masih berjalan di Bulan Ramadhan membuat kita harus terus meminta pertolongan Allah SWT agar diberi  kesabaran. 

Adanya Pandemi Covid-19 ini kita tetap harus  terus ber husnudzon kepada Allah SWT  dan menjadi momentum untuk meng-upgrade kehidupan kita agar lebih baik yaitu dengan :

1.    Upgrage kehidupan ekologis

Kondisi bumi saat ini mengalami beban yang sangat berat dengan adanya polusi udara, pencemaran lingkungan dan pemanasan global yang mebuat lapisan ozon semakin menipis. Akan tetapi saat ini pasa saat adanya Covid-19 dan diberlakukannya Work From Home (WFH) kondisi bumi membaik, polusi udara mulai berkurang, langit makin biru, sampah berkurang, udara semakin segar dan lapisan ozon membaik. 

Kondisi ini harusnya membuat kita merenung apakah pada saat Pandemi Covid-19 berakhir  kondisi saat ini akan tetap ada. Mungkin bumi sedang memberi pesan bahwa bumi butuh istirahat untuk memulihkan lingkungan. Tinggal bagaimana kita meng-upgrade pola pikir dan pola hidup kita agar tetap menjaga kondisi  bumi yang membaik  meskipun Pandemi Covid-19 nanti telah berakhir.

2.    Upgrade kehidupan yang sehat

Sebelum ada Pandemi Covid-19 tidak semua orang familiar dengan hand-sanitizer. Mungkin dulu banyak yang merasa “lebay” apabila sering-sering menggunakan masker, hand-sanitizer dan cuci tangan. Kini semua orang tahu apa fungsi dan manfaat cuci tangan yang benar, hand-sanitizer dan masker. Kini orang berlomba-lomba untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengingat daya tahan tubuh adalah “obat” penangkal efektif Covid-19. Orang pun tanpa disuruh mulai rajin berolahraga dan berjemur. 

Dengan demikian Covid-19 telah memaksa kita meng-upgrade pola kehidupan yang sehat.

3.    Upgrade kehidupan sosial-ekonomi

Ada perubahan solidaritas saat ini, dulu individualisme orang perkotaan begitu menonjol. Saat ini empati mereka makin meningkat untuk membantu korban ekonomi Covid-19. Aneka program donasi melalui media sosial berkembang secara spontan. Tata kehidupan sosial ekonomi  saat ini mewajibkan kita untuk meng-upgrade nya yaitu dengan berbagi rezeki ke sesama serta berbagi nasehat serta ilmu kesesama. 

4.    Upgrade kehidupan para pembelajar.

Adanya musibah ini mengharuskan kita untuk mengatur ulang cara pembelajaran. Mencari inovasi-inovasi baru untuk terus mencari ilmu di masa Pandemi Covid-19. Musibah ini juga ilmu bukan lagi menjadi unjuk kebanggaan tetapi ilmu untuk solusi. Karena itulah kesadaran para pembelajar makin meningkat untuk melakukan transformasi riset, yakni riset yang memiliki dampak bukan sekedar riset untuk riset. Dan kondisi saat ini para pembelajar telah terbukti telah banyak meng-upgrade keilmuannya. 

5.    Upgrade kehidupan spiritual. 

Ramadhan tahun ini sangat berbeda dikarenakan terjadi di masa Pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat upgrade kehidupan spiritual makin sempurna. Refleksi spiritual yang paling utama adalah bahwa kita ternyata bukanlah siapa-siapa. Untuk menghindari virus sekecil ini kita tidak berdaya. Ilmu yang kita miliki benar-benar hanya setetes air di lautan. 

Disinilah kesadaran meng-upgrade kehidupan spiritual kita harus tumbuh. Semua tidak mungkin terjadi tanpa kehendak Allah SWT. Berakhirnya pandemi juga mesti dengan campur tangan Allah SWT . Namun intervensi Allah SWT untuk memulihkan keadaaan juga melalui proses-proses yang obyektif. 

Allah SWT meminta kita tidak sombong dengan ilmu yang kita miliki, sehingga kita dengan rendah hati dan belajar untuk menemukan cara pengobatan Covid-19. Allah SWT meminta kita untuk saling menolong, menjaga alam dan bersyukuri  atas nikmat yang telah Dia berikan. 

Marilah meng-upgrade pola kehidupan kita dimasa Pandemi Covid-19 sebagai ikhtiar dan sikap tunduk kita pada QS. Ar-Ra’d:11 “: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang mengubah apa yang ada pada diri mereka”. 

Mungkin inilah cara Allah SWT meminta kita untuk meng-upgrade tata kehidupan kita, agar kita makin bersyukur atas nikmat alam, nikmat kesehatan, nikmat ilmu dan nikmat iman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES