Peristiwa Nasional

Sinergi Lawan Covid-19, AMSI Gelar Dialog Strategis dengan Gubernur Jatim

Selasa, 05 Mei 2020 - 12:23 | 40.21k
Foto : TIMES Indonesia
Foto : TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar dialog strategis antara 100 pemimpin media dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa petang ini, Selasa (5/5/2020).

Dialog tersebut bertujuan untuk mencari strategi efektif dan membangun sinergi bersama dalam menghadapi wabah Covid-19.

Sebab, pandemi Covid-19 telah menjadi persoalan besar bersama, bukan lagi hanya masalah pemerintah. Media massa memiliki andil dan peran penting bahkan strategis menghadapi pandemi ini.

Ketua AMSI, Wenseslaut Manggut menekankan pentingnya peran media dalam penanganan Covid-19. Pembuatan regulasi seperti PSBB saja tidak akan cukup tanpa kesadaran publik akan pentingnya PSBB itu.

"Di situlah pentingnya peran media, yang dengan bahasa sederhana memberitahu warga kenapa harus jaga jarak, kenapa mereka harus di rumah saja," terang Wens dalam keterangan tertulis, Senin (4/5/2020).

Konferensi 100 Pemimpin redaksi dengan Gubernur Jatim ini, lanjut Ketua AMSI, sangat bagus bagi untuk dilakukan.

"Media bisa mendengar apa yang dilakukan pemerintah Jawa Timur dalam menangani Covid-19 ini, dan bagaimana media mengambil peran di dalamnya," tutur Direktur Konten Kapanlagi Youniverse (Liputan6.com dan Merdeka.com) ini.

Apalagi, pada masa pandemik ini, banyak terjadi pergeseran (shifting) dalam gaya hidup, bisnis maupun cara mengkonsumsi informasi. Dunia digital benar-benar mengambil peran yang besar dalam kehidupan manusia.

Wens menggambarkan, sekarang ini untuk membeli makanan via online meningkat pesat, pesan obat-obatan meningkat, beli jamu, conference call, zoom, dan update informasi Covid.

"Semua yang offline pindah ke online," tandasnya.

Dia juga menunjukkan, traffic atau jumlah pembaca media online naik dengan kisaran 50-60% dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Artinya, pada masa pandemik, media online adalah medium yang efektif menyampaikan pesan," tegasnya lagi.

Dialog strategis antara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dengan 100 pemimpin media anggota AMSI se-Indonesia ini mengambil tema "Membangun sinergi hadapi pandemi".

Selain Gubernur Jatim, nara sumber dialog interaktif online ini adalah Wenseslaut Manggut Ketua Umum AMSI Pusat dan Wahyu Dhyatmika, Sekjen AMSI berserta pengurus AMSI Pusat dan daerah. Dialog akan dipandu oleh Arief Rahman, Ketua AMSI Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Adhitya Hendra
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES