Peristiwa Daerah

Tekan Hama Tikus, Babinsa di Probolinggo Gagas Rumah Burung Hantu

Jumat, 17 April 2020 - 10:47 | 119.41k
Pemasangan rumah burung hantu oleh Babinsa Pajarakan Kulon, bersama petani. (FOTO: Sumartono for TIMES Indonesia)
Pemasangan rumah burung hantu oleh Babinsa Pajarakan Kulon, bersama petani. (FOTO: Sumartono for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOHama tikus di areal pertanian warga Probolinggo, Jawa Timur, belakangan makin meresahkan. Guna membantu meringankan beban rakyat itu, seorang babinsa menggagas rumah burung hantu. Sebagai jalan keluar untuk mengendalikan hama tikus.

Sebelumnya, warga Desa Pajarakan Kulon, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, resah karena sawahnya dirusak tikus. Menyikapi keadaan tersebut, Babinsa desa setempat, Peltu Suhariyanto, tergerak untuk membantu masyarakat mencari solusi. Bersama kelompok tani setempat, lelaki setengah baya itu menerapkan terobosan baru.

Dengan membuat rumah burung hantu, di areal sawah warga. Tujuannya, untuk tempat hinggap burung hantu (Tyto Alba) saat malam hari. Dengan sendirinya, burung hantu akan datang tiap malam, dan memburu tikus. Yang merupakan musuh alami burung hantu.

“Sebelumnya sudah ada enam buah rumah burung hantu di areal sawah warga. Dengan ketinggian sekitar 5 meter dari tanah,” kata bapak dua anak ini, Jumat (17/4/2020).

Cara ini, terbukti ampuh menekan hama tikus. Berdasarkan penelitian, seekor burung hantu mampu memakan tikus antara 6-8 ekor dalam semalam. Logikanya, jika burung hantu ada belasan ekor, maka ratusan ekor tikus akan dibunuh dalam satu malam.

Karena memang burung hantu ini predator alami tikus. Menggunakannya untuk membasmi hama tikus di areal sawah warga, sangat efektif. “Sudah dibuktikan oleh petani, di desa ini,” imbuh pria kelahiran Jombang ini.

Upaya itu, menurut anggota Kodim 0820 ini, tidak semudah membalikkan tangan. Perlu proses panjang, untuk bisa menggunakan burung hantu sebagai predator alami tikus. Di wilayah tersebut. Sosialisasi pada warga dan petani, berulang kali dilakukan. Untuk melindungi burung hantu itu sendiri, dari aksi perburuan manusia. Kerjasama dengan kelompok tani, penyuluh pertanian, dan pihak desa, juga dilakoni Suhariyanto.

Pada pemasangan rumah burung hantu itupun, Suharyanto tak sendirian. Ia bersama Petugas Hama dan Penyakit Kecamatan Pajarakan, Breni hermanto, Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Pajarakan, Zulaichah K dan Ketua Gapoktan Lestari, Misdain. Serta dibantu para petani lainnya.

Melalui aksi ini, Babinsa Desa Pajarakan Kulon berharap, petani di Probolinggo, bisa bertahan. Dari serangan hama tikus. Serta bertahan dari melemahnya perekonomian, sebagai dampak pandemi covid-19. Yang juga berdampak pada seluruh sektor kehidupan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES