Gaya Hidup

Minimalisir Sampah Saat Isolasi Diri, Begini Tipsnya

Kamis, 16 April 2020 - 03:13 | 70.60k
Ilustrasi stay at home (Istimewa)
Ilustrasi stay at home (Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGIsolasi diri seringkali menyebabkan sampah menumpuk. Sisa makanan instan, frozen food, atau makanan antar melalui ojek online bisa menggunung.

Namun, Herlina Septi Andini, founder Komunitas Zerowaste Malang, memberikan tips agar mampu meminimalisir sampah, saat mengisolasi diri.

“Sebenarnya ga ada banyak perbedaan sih. Malah mungkin makin gampang karena ga jajan. Jadi ya beli bahan makanan yang sayur aja. Trus, berkebun sih, jadi kalo butuh apa aja bisa tinggal petik,” paparnya.

Ada beberapa tips lain dari Herlina Septi Andini. Apa aja ya? Yuk simak 5 tipsnya!

1. Memasak real food (bukan makanan instan)  yang bisa dibeli langsung di pasar.  

2. Ada baiknya meluangkan waktu untuk berkebun. Dengan begitu dapat menyediakan beberapa bahan pangan di kebun. Jadi kalau butuh tinggal petik. Tidak perlu kebun ukuran besar. 

“Sesuaikan saja dengan lahan yang ada. Kalau bisa, ajak saja tetangga untuk berkebun juga. Jadi bisa saling bertukar bahan pangan,” uajrnya, Rabu (15/4/2020).

3. Food preparing. Banyak orang yang mungkin berburu makanan instan dan frozen food untuk kebutuhan makan sehari-hari agar tidak setiap hari berbelanja.

Tapi hal itu beresiko nyampah. Jadi caranya adalah melakukan food planning & preparation. Artinya merencanakan mau masak apa dalam waktu satu minggu, belanja sehari untuk 7 hari. 

“Setelah itu bahan makanan disimpan masing bahan makanan memiliki cara sendiri ya agar awet selama seminggu. Jadi, mirip frozen food juga kan,” tambah perempuan berhijab ini.

4. Tetap memilah sampah. Walau bagaimanapun kadang ada produk kebutuhan yang dikemas plastik. Pilahlah sebagaimana mestinya. 

5. Tetap mengompos juga. Sampah organiknya semakin banyak, justru semakin bagus. Kadang komposter penuh lebih cepat. Ada baiknya menambah jumlah komposter-komposter. Hasil panen bisa untuk memupuk tanaman kebun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES