Gaya Hidup

Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Minggu, 12 April 2020 - 06:45 | 1.25m
Ilustrasi: Beberapa makanan yang kaya vitamin C. (FOTO: freepik/Istimewa)
Ilustrasi: Beberapa makanan yang kaya vitamin C. (FOTO: freepik/Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin C adalah salah satu cara yang baik untuk memenuhi dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh anda terutama selama wabah virus corona.

Namun, jumlah suplemen yang mengandung vitamin C cukup sulit ditemukan belakangan ini, bahkan di apotek. Untuk orang dewasa, asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C adalah 65 hingga 90 miligram (mg) sehari, dan batas atas adalah 2.000 mg sehari (hanya jika anda sedang sakit).

Namun, menurut alodokter jika anda tidak dapat menemukan suplemen vitamin C di toko, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang sudah disediakan oleh alam. Berikut beberapa makanan kaya vitamin C.

1. Pepaya

Satu cangkir (145 gram) pepaya mengandung 87 mg vitamin C, atau 97% dari Asian kebituhan vitamin C sehari-hari. Vitamin C juga membantu untuk mempertajam data ingat dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat

2. Jambu biji

Buah tropis ini dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik. Satu buah ukuran besar jambu biji mengandung 126 mg vitamin C, atau 140% dari asupan harian yang direkomendasikan. Jambu biji sangat kaya akan antioksidan lycopene.

3. Stroberi

Satu cangkir stroberi (152 gram) mengandung 89 mg vitamin C, atau 99% dari asupan harian yang direkomendasikan. Stroberi mengandung beragam vitamin C, mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan bermanfaat lainnya.

4. Brokoli

Semangkuk brokoli mentah mengandung 80 mg vitamin C sedangkan setengah cangkir brokoli yang dimasak mengandung 50 mg vitamin C, atau 57% dari Asian kebutuhan harian.

5. Jeruk atau lemon

Satu buah lemon mentah, termasuk kulitnya, mengandung 83 mg vitamin C, atau 92 persen dari Asian kebutuhan harian. Lemon Alan sangat segar jika disjaikan menjadi limun, jus, dan lainnya. Setidaknya ada 125 mg vitamin C dalam satu cangkir jus jeruk.

6. Bayam

Semangkuk bayam mengandung 8,5 mg vitamin C. Bayam juga kaya akan vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi. Dengan begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam bayam menjadikannya sebagai sayuran (makanan) yang bagus untuk anda konsumsi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES