Peristiwa Internasional NKRI Lawan Corona

Bawaslu Kuningan Gelar Donor Darah dan Bagi-bagi Masker

Jumat, 10 April 2020 - 16:20 | 34.60k
Para relawan dan pegawai Bawaslu Kabupaten Kuningan mengikuti donor darah dalam rangka harlah di lingkungan kantor Bawaslu Kuningan. (Foto: Oon Mujahidin/TIMES Indonesia).
Para relawan dan pegawai Bawaslu Kabupaten Kuningan mengikuti donor darah dalam rangka harlah di lingkungan kantor Bawaslu Kuningan. (Foto: Oon Mujahidin/TIMES Indonesia).
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, KUNINGAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kuningan memperingati hari jadi ke-12 dengan menggelar kegiatan donor darah dan bagi-bagi masker. Kegiatan dipusatkan di kantor Bawaslu setempat Jalan RE Martadinata, Kertawangunan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. 

Selain dalam rangka harlah, pembagian masker juga merupakan bentuk solidaritas mengatasi wabah corona (Covid-19).

“Dan tema kegiatan peringatan Harlah ke-12 ini adalah bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19," ungkap Ketua Bawaslu Kuningan Ondin Sutarman, Jumat (10/4/2020).

Dijelaskan, pembagian masker sebagai upaya pencegahan wabah Covid-19 juga merupakan instruksi langsung dari Bawaslu Republik Indonesia. Tak hanya pembagian masker, mereka juga menggelar donor darah guna memenuhi kekurangan stok PMI Kabupaten Kuningan.

"Sesuai Surat Edaran Nomor 007/K. Bawaslu /PR.00/IV/2020 dan pembagian masker ini sebagai bentuk aksi solidaritas dalam mencegah pandemi Covid-19," ujar Kordiv Pengawasan Bawaslu Abdul Jalil Hermawan.

Sementara itu, Ketua Transfusi Darah PMI Cabang Kuningan, Dr Deddy Kurnia mengatakan, PMI mengapreasiasi kegiatan donor dari para relawan. Terlebih dalam kondisi darurat wabah Covid-19 yang mengakibatkan menurunnya stok darah.

"Sebab beberapa waktu lalu, stok darah nyaris langka untuk golongan tertentu," ujarnya.

Rata-rata jumlah golongan darah tidak mendominasi terhadap salah satu golongan darah tertentu. Jumlah labu darah dengan golongan darah seperti A, B, AB dan O memang merata.

Jumlah darah yang terkumpul, kata Deddy, tidak menjamin untuk memenuhi kebutuhan hingga beberapa pekan kedepan.

"Dari terkumpul hingga saat ini, terbilang cukup untuk kebtuhan selama 3-4 hari kedepan," ujar Deddy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES