Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Hasil RDT Covid-19 di Pulau Morotai, Seluruh ODP Dinyatakan Negatif

Jumat, 10 April 2020 - 08:23 | 159.76k
Salah satu pasien ODP yang dirawat di Gedung Miamari, hasil RDT-nya negatif Covid-19. (FOTO: Istimewa)
Salah satu pasien ODP yang dirawat di Gedung Miamari, hasil RDT-nya negatif Covid-19. (FOTO: Istimewa)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Jumlah orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Pulau Morotai terus berkurang. Dari 31 orang dua hari lalu, kini tersisa sisa 29 setelah 2 orang kembali dipulangkan menyusul observasi dan hasil rapid diagnostic test (RDT) yang terbukti negatif.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Satgas Covid-19 Pulau Morotai, dr Tony melalui rilis elektronik dalam bentuk tabel pada Jumat (10/4/2020).

"Jumlah orang dalam pengawasan atau ODP menurun menjadi 29 orang, setelah dilakukan observasi ada yang dipulangkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah dan selalu di pantau," katanya.

Dikatakan juga, dari 31 ODP sebelumnya, 6 ODP sudah diobservasi dan 2 orang sudah dipulangkan. Sementara sebagian besar ODP dirawat di rumah, dipantau langsung oleh tim medis dari puskesmas-puskesmas terkait di wilayah tempat tinggal mereka.

Ia jelaskan ODP ada beberapa kriteria. Yang dari daerah transmisi lokal tetapi punya riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan perlu pemantauan serius, di tempatkan di Gedung Miamari. Sementara yang dari daerah transmisi lokal dengan gejala ringan ditempatkan di hotel.

"ODP yang dirawat di Miamari saat ini masih 3 orang, ada beberapa orang di hotel," ungkap dr Tony, tanpa menyebut nama hotel.

Ia menambahkan, "Dari jumlah semua ODP saat ini, yang dipantau khusus, semuanya sudah melakukan RDT hasilnya negatif, PDP belum ada, Pulau Morotai negatif Covid-19."  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Maluku

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES